detikNews
Rabu 17 Juli 2019, 08:20 WIB

Pernah Bawa ke Jokowi, Bekraf Bela Rich Brian dari Sorotan Dino Patti

Tim detikcom - detikNews
Pernah Bawa ke Jokowi, Bekraf Bela Rich Brian dari Sorotan Dino Patti Rapper Rich Brian saat bertemu Presiden Jokowi di Istana. (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta - Musisi asal Indonesia yang tengah berkarir di Amerika Serikat, Rich Brian, disorot eks Wamenlu Dino Patti Djalal lantaran beberapa ucapannya di lini masa Twitter. Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf menilai sosok Rich Brian yang sebenarnya tidak demikian.

Dalam cuitannya, Dino menyebut Rich Brian bukanlah sosok yang pantas dijadikan panutan bagi pemuda Indonesia. Alasannya, Dino mengatakan beberapa cuitan Rich Brian mengandung kata-kata yang tidak patut ditiru.


"Maaf, walaupun ia mungkin berprestasi, saya sebagai seorang ayah memandang rapper diaspora Rich Brian bukan panutan/tauladan bagi pemuda Indonesia, mengingat tweetnya yang sering bernada jorok, porno, kasar dan kadang merendahkan wanita," ujar Dino lewat Twitter, Selasa (16/7) malam.


Saat dimintai penjelasan, Dino membeberkan sejumlah cuitan Rich Brian yang dinilai tidak patut. Dino tidak mempermasalahkan apabila cuitannya yang mengkritik Rich Brian menjadi polemik.

"Saya tahu pasti ada yang berbeda pandangan. Tidak apa-apa. Saya tidak takut di-bully. Yang penting saya sudah katakan nurani saya sebagai seorang ayah yang punya anak-anak yang akan memasuki usia remaja. Saya harap Rich Brian juga bisa menjaga ucapannya di ruang publik. Kreatif tidak berarti harus berkata kotor. Di Amerika bisa begitu, tapi di Indonesia beda," kata Dino.


Sebelum disorot Dino, pria yang memiliki nama asli Brian Imanuel ini pernah diundang bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat. Pertemuan antara Rich Brian dan Jokowi juga diinisiasi Bekraf. Triawan pun membela Rich Brian dari kritik Dino.

Rich Brian dan Kepala Bekraf Triawan Munaf saat meladeni sesi wawancara seusai bertemu Presiden Jokowi di Istana Bogor.Rich Brian dan Kepala Bekraf Triawan Munaf saat meladeni sesi wawancara setelah bertemu dengan Presiden Jokowi di Istana Bogor. (Andhika/detikcom)

"Luar biasa, itu anak rendah hati. Baik sekali. Makanya kalau orang yang kenal Rich Brian, membaca oleh yang dikatakan dia (Dino) itu, ya akan sangat, apalagi fans-nya sakit hati. Saya selalu bilang hati-hati kalau nge-tweet. Think before you tweet," ujar Triawan saat dihubungi, Rabu (17/7).

Video: Dino Patti Djalal Sebut Rich Brian Bukan Panutan

[Gambas:Video 20detik]



Menurut Triawan, Rich Brian memiliki talenta yang baik sebagai musisi dan menjunjung tinggi nasionalisme. Terlebih, Rich Brian sempat meniti karir dari usia yang sangat muda.

"Dia talenta dan bakatnya membawa nama Indonesia dan sekarang berada di AS. Diapresiasi di sana, tak ada yang hina dia. Orangnya rendah hati, nasionalis sekali. Masih muda, dari keluarga baik-baik, dia kalau bicara sangat pelan. Sebagai ortu pasti bangga punya anak seperti itu. Dia independen, tidak sombong, tidak mengubah dirinya," jelas Triawan.


Pernah Bawa ke Jokowi, Bekraf Bela Rich Brian dari Sorotan Dino Patti

(dkp/lir)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed