detikNews
Selasa 16 Juli 2019, 17:07 WIB

BPOM Telusuri Foto Viral 'Kerupuk Kulit Babi Halal', Ini Hasilnya

Indah Mutiara Kami - detikNews
BPOM Telusuri Foto Viral Kerupuk Kulit Babi Halal, Ini Hasilnya Ilustrasi informasi di media sosial (Foto: istock)
Jakarta - Foto kerupuk kulit babi dengan logo 'halal' ramai beredar di media sosial. Badan POM RI (BPOM) menelusuri isu itu dan mendapatkan hasilnya.

Penelusuran itu dilakukan BPOM sambil berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Tabanan, Bali. Hasilnya, kerupuk kulit babi tersebut telah mendapatkan nomor Depkes RI P-IRT 2.01.5102.01.215 pada 2012, yang kemudian diperbarui pada April 2018 dengan nomor Depkes RI P-IRT 2.01.5102.01.546.23 dengan label tanpa logo 'Halal'.

"Diduga bahwa logo 'halal' yang terdapat pada label produk Krupuk Kulit Babi yang beredar di media sosial dengan nomor Depkes RI P-IRT 2.01.5102.01.215 sengaja dibuat oleh oknum yang tidak bertanggung jawab," jelas BPOM dalam keterangan tertulis di situsnya, Selasa (16/7/2019).



BPOM menunjukkan foto label 'Krupuk Kulit Babi' yang disetujui Depkes, yaitu tanpa logo 'halal'. BPOM juga menelusuri keberadaan produk seperti di foto viral yang memiliki logo halal.

"Berdasarkan penelusuran Badan POM, di pasaran tidak ditemukan produk Krupuk Kulit Babi berlogo halal seperti yang disebarkan di media sosial," ungkap BPOM.

BPOM Telusuri Foto Viral 'Kerupuk Kulit Babi Halal', Ini HasilnyaFoto: Label asli kerupuk kulit babi yang viral (Dok. BPOM)




BPOM menegaskan selalu melakukan pengawasan terkait persyaratan label pangan. Pengawasan Label dimaksudkan untuk menjamin kesesuaian terkait dengan asal, keamanan, mutu, kandungan gizi, dan keterangan lain yang diperlukan (keterangan halal bagi yang dipersyaratkan) serta untuk menjamin informasi mengenai pangan yang disampaikan kepada masyarakat adalah benar dan tidak menyesatkan.

"Masyarakat diimbau agar menjadi konsumen cerdas, serta tidak mudah terpengaruh oleh isu yang beredar di media sosial," tutup BPOM.

Simak Video "Ini Dia Pasangan Pengantin yang Nyanyi di Pernikahannya Sendiri"
[Gambas:Video 20detik]

(imk/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com