detikNews
Selasa 16 Juli 2019, 16:38 WIB

Lagi, Rapimgab Pemilihan Wagub DKI Diundur karena Pimpinan DPRD Tak Datang

Arief Ikhsanudin - detikNews
Lagi, Rapimgab Pemilihan Wagub DKI Diundur karena Pimpinan DPRD Tak Datang Foto: Gedun DPRD DKI Jakarta. (Ari Saputra-detikcom)
Jakarta - Rapat pimpinan gabungan (Rapimgab) DPRD DKI Jakarta pemilihan wakil gubernur (wagub) DKI Jakarta kembali diundur. Panitia Khusus (Pansus) pemilihan wagub DKI menyebut Sekretaris Dewan tidak mengatur jadwal dengan baik.

"Tertundanya acara Rapimgab kali ini sekali lagi karena Sekwan (Sekretaris Dewan, Yuliadi) kurang cakap dalam mengatur jadwal. Sehingga hari ini sepertinya tidak dapat dilaksanakan," ucap Ketua Pansus Pemilihan Wagub DKI Jakarta, M Ongen Sangaji, di Gedung DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Jakarta, Selasa (16/7/2019).


Rencananya, Rapimgab akan membahas draf tata tertib yang sudah disusun oleh Pansus. Dengan pengunduran ini, Rapimgab telah diundur tiga kali.

Ongen menyebut Sekwan memberi kabar mendadak sehingga tidak ada pimpinan DPRD DKI Jakarta, baik ketua atau wakil ketua, yang hadir dalam rapat.

"Kita baru dapat kabar hari ini, tadinya kalau beliau sampaikan hari ini tidak ada acara mungkin kita akan melaksanakan acara yang lain. Jadi menurut saya Sekwan tidak cakap melaksanakan tugas fungsinya sebagai Sekwan," ucap Ongen.

Ongen menyebut seharusnya Sekwan memberitahu pimpinan dan anggota dewan yang terlibat Rapimgab setelah ada putusan rapat dipending ke Selasa (16/7) pukul 13.00 WIB.

"Harusnya beliau ketika kita kemarin gagal harusnya segera komunikasi, bukan komunikasinya hari ini pukul 10.00 WIB, pukul 11.00 WIB. Kan semua orang masih kegiatan-kegiatan yang lain kan," ucap Ongeng.


Ongen menyebut kemungkinan Rapimgab akan dilakukan satu atau dua hari ke depan. Dia berharap pengunduran ini tidak berefek pada semakin lama waktu pemilihan wagub yang ditarget pada 22 Juli.

"Mudah-mudahan bisa kita kejar dan tidak terlalu jauh (dari target). Saya besok rencana komunikasi dengan pimpinan dewan, supaya bisa sinergi. Dan bersama juga dengan Sekwan bertemu pimpinan dewan supaya segera laksanakan ini," ucap Ongen.

Rapimgab awalnya dijadwalkan pada Rabu (10/7) namun ditunda menjadi Senin (15/7) karena dewan banyak yang tidak masuk. Pada Senin (15/7), rapat juga ditunda menjadi Selasa (16/7) karena pimpinan kelengkapan Dewan banyak yang tidak hadir.


Simak Juga 'Mendagri Sebut Bukan Salah Anies 11 Bulan DKI Tanpa Wagub':

[Gambas:Video 20detik]



Simak Video "Mendagri Sebut Bukan Salah Anies 11 Bulan DKI Tanpa Wagub"
[Gambas:Video 20detik]

(aik/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com