Niat Puasa Ayyamul Bidh, Puasa Tiga Hari di Pertengahan Bulan

ADVERTISEMENT

Niat Puasa Ayyamul Bidh, Puasa Tiga Hari di Pertengahan Bulan

Fithria Pratiwi - detikNews
Selasa, 16 Jul 2019 12:36 WIB
Niat Puasa Ayyamul Bidh, Puasa Tiga Hari di Pertengahan Bulan/Foto: iStock
Jakarta - Puasa Ayyamul Bidh adalah puasa tiga hari di pertengahan bulan. Artikel ini akan menjelaskan niat puasa Ayyamul Bidh serta tata cara melakukannya.

Puasa Ayyamul Bidh merupakan puasa sunah yang memiliki nilai ibadah jika melakukannya. Ayyamul Bidh memiliki arti yang diambil dari al-yaum berarti hari, sedangkan Bidh berarti putih. Ayyamul Bidh kerap pula disebut sebagai puasa putih.



Pada saat menjalani puasa pertengahan bulan selama 3 hari tersebut, bulan dalam kondisi bersinar terang. Menjalani puasa Ayyamul Bidh biasanya dilakukan pada hari ke 13, 14, dan 15 hijriah setiap bulannya.

Menjalankan puasa Ayyamul Bidh ini bertujuan untuk mendapatkan pahala yang berlimpah dari Allah SWT. Melaksanakan puasa ini juga dapat menghidupkan sunah Nabi Muhammad SAW dan tentunya juga memberikan waktu istirahat pada anggota tubuh setiap bulannya.

Ketentuan dalam menjalankan puasa ini sama dengan puasa pada umumnya. Puasa merupakan tindakan dalam menahan haus, lapar, dan hawa nafsu dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Berikut niat puasa Ayyamul Bidh beserta artinya:

نَوَيْتُ صَوْمَ اَيَّامَ اْلبِيْضِ سُنَّةً لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu Sauma Ayyaamal Bidh Sunnatan Lillaahi Ta'ala.

Artinya: "Saya niat puasa pada hari-hari putih, sunnah karena Allah ta'ala."




Mengucapkan niat puasa sunah ini bisa setelah terbit fajar asalkan belum makan, minum dan melakukan hal-hal lain yang membatalkan puasa. Lebih baik menjalani puasa ini dalam keadaan tidak berpergian, karena Rasulullah SAW melakukan puasa Ayyamul Bidh ketika tidak berpergian maupun ketika bersafar.

Puasa Ayyamul Bidh tidak boleh dilaksanakan pada tanggal 13 Zulhijah. Tanggal 13 Zulhijah merupakan bagian hari tasrik, di mana berpuasa pada hari tersebut diharamkan.

Demikian informasi mengenai tata cara, manfaat, dan niat puasa Ayyamul Bidh yang bisa menjadi pengetahuan dalam menambah keimanan terhadap Allah SWT.



Simak Video "Donasi Siaga Bencana: Wujudkan Kepedulian dengan Uluran Tangan untuk Korban Bencana"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/nwy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT