detikNews
Selasa 16 Juli 2019, 11:02 WIB

Jokowi ke Perwira TNI-Polri yang Baru Dilantik: Lindungi Pancasila!

Ray Jordan - detikNews
Jokowi ke Perwira TNI-Polri yang Baru Dilantik: Lindungi Pancasila! Foto: Presiden Jokowi melantik 781 perwira TNI-Polri di Istana Merdeka, Jakarta. (Rengga Sancaya)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan agar perwira TNI dan Polri yang baru melindungi Pancasila dari gempuran ideologi luar. Dia juga berharap agar perwira TNI dan Polri merawat toleransi dan menjaga persatuan.

Hal itu disampaikan Jokowi saat melantik perwira baru TNI dan Polri di Halaman Istana Merdeka, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (16/7/2019). Ada 781 perwira baru dari TNI dan Polri yang dilantik dengan cara upacara tersebut.




Dalam pidatonya, Jokowi mengingatkan bahwa perwira TNI dan Polri yang baru ini harus menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Selain itu, perwira yang baru ini juga harus memiliki mental dan karakter yang tangguh, tanggap, cepat dan cerdas.

"Ada karakter kebangsaan yang kokoh menjaga NKRI dan menjaga Pancasila yang sejati. Tanggung jawab saudara sangat besar. Saudara harus terus melindungi Pancasila dari gempuran gelombang ideologi-ideologi luar. Saudara harus menjaga Bhinneka Tunggal Ika, menjaga toleransi terhadap perbedaan antaranak bangsa. Saudara harus terus menjaga persatuan dalam keberagaman Indonesia," katanya.

Para perwira juga diingatkan untuk memegang teguh kode etik perwira dan jati diri sebagai perwira TNI-Polri. Junjung tinggi kehormatan dan kecintaan sebagai perwira TNI-Polri.

"Pelihara kekompakan dan persatuan sesama perwira TNI dan Polri dengan tetap menghormati fungsi dan tugas masing-masing. Dan melangkahlah ke gelanggang pengabdian dengan tegar, dengan optimisme, dan penuh percaya diri," kata Jokowi.




Kepada para orang tua perwira remaja, Jokowi mengucapkan selamat atas pelantikan putra-putri mereka menjadi perwira TNI dan Polri. Para perwira itu bukan hanya kebanggaan orang tua, namun juga kebangaan bangsa Indonesia.

"Kepada para pimpinan TNI-Polri, kepada para pendidik, kepada para pelatih dan di jajaran akademi TNI dan Lemdiklat Polri saya menyampaikan banyak terima kasih atas kerja keras dan pengabdian saudara dalam mencetak para perwira perkasa ini. Saudara tidak hanya sedang bekerja, tapi mengabdi demi kejayaan Indonesia," kata Jokowi.

"Saya ucapkan selamat bertugas kepada patriot muda Indonesia. Buatlah orang tuamu bangga, buatlah Indonesia berjaya," imbuh Jokowi.

Simak Video "Jokowi Sematkan Tanda Kehormatan RI ke Sejumlah Tokoh"
[Gambas:Video 20detik]

(rjo/zak)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed