detikNews
2019/07/15 21:04:47 WIB

Round-Up

Pesan-pesan Mendikbud di Hari Pertama Sekolah

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 2
Pesan-pesan Mendikbud di Hari Pertama Sekolah Mendikbud Muhadjir Effendy berfoto bersama di salah satu sekolah yang dikunjunginya (Foto: Farih Maulana Sidik/detikcom)
Jakarta - Tahun ajaran baru dimulai. Muhadjir Effendy menumpahkan petuah pada para guru dan siswa di hari pertama masuk sekolah.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) itu memulai Senin pagi dengan meninjau kegiatan hari pertama sekolah. Tujuan awalnya yaitu SD Muhammadiyah 05 Jakarta.

Mengenakan kemeja putih berpadu celana hitam serta peci berkelir senada, Muhadjir mendapat sambutan dari para guru sekolah itu. Muhadjir pun berjalan menuju ke lapangan sekolah di mana para siswa mengikuti masa pengenalan lingkungan sekolah. Kegiatan yang biasa disingkat MPLS itu tidak hanya diikuti siswa SD Muhammadiyah 05 Jakarta saja, ada siswa dari SMP Muhammadiyah 9 dan SMA Muhammadiyah 3 yang memang berada dalam satu lingkungan sekolah.




Membuka kegiatan itu Muhadjir memberikan pesan pada para guru. Dia menekankan bila setiap siswa memiliki keistimewaan.

"Pesan saya, cermati oleh para guru, setiap anak punya keunikan, punya keistimewaan. Jangan sampai guru memiliki pandangan negatif terhadap anak. Punya anak punya keistimewaan. Semua anak pintar, apakah dia bisa digali kecerdasannya, itu tergantung gurunya," ujar Muhadjir.

Para siswa senior pun tak luput dari perhatian Muhadjir. Mereka diminta Muhadjir untuk menjadi teladan bagi adik-adik kelasnya.

"Pesan saya kepada para kakaknya, mohon adik-adiknya dilindungi, diawasi. Kalau ada adik-adiknya ada hal yang kurang baik, mendapat ancaman, mohon berikan perlindungan kepada adik-adiknya. Kalau sejak dini sudah diajari tanggung jawab, akan bermanfaat di kemudian hari," tuturnya.

Setelahnya Muhadjir beralih menuju sekolah lainnya. Ke mana saja Pak Menteri?

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com