detikNews
Selasa 16 Juli 2019, 10:22 WIB

Kunjungi SD di Bekasi, Mendikbud Bikin Kuis Berhadiah tentang Pancasila

Farih Maulana Sidik - detikNews
Kunjungi SD di Bekasi, Mendikbud Bikin Kuis Berhadiah tentang Pancasila Mendikbud Muhadjir Effendy (Foto: Farih/detikcom)
Jakarta - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy melanjutkan kunjungannya dalam kegiatan masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS). Di hari kedua MPLS ini, Muhadjir memantau kegiatan di wilayah Kabupaten Bekasi.

Pantauan detikcom, Muhadjir tiba di SDN Tambun 03, Jl Pendidikan II, Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Selasa (16/7/2019) pukul 09.00 WIB. Muhadjir disambut guru-guru dan murid-murid dari SDN 01, SDN 03, dan SDN 10 Tambun, Bekasi.


Mendikbud Muhadjir EffendyMendikbud Muhadjir Effendy Foto: Farih/detikcom


Muhadjir beserta rombongan disambut dengan tepuk tangan dan nyanyian selamat datang. Para guru dan murid sudah berkumpul dan berbaris layaknya hendak upacara bendera.

Dalam kunjungannya kali ini, Muhadjir mengajak siswa-siswi untuk nyanyi lagu-lagu kebangsaan.

"Ada yang bisa nyanyi lagu Garuda Pancasila? Ayo semuanya kita nyanyi Garuda Pancasila, dan Dari Sabang Sampai Merauke," ajak Muhadjir kepada para siswa.



Sambil tepuk tangan, para siswa kompak bernyanyi bersama Muhadjir. Sementara itu, orang tua murid tampak mendokumentasikan momen tersebut lewat ponselnya masing-masing.

Setelah itu, Muhadjir memberikan tantangan untuk siswa-siswi supaya berani maju ke depan membacakan Pancasila. Muhadjir akan memberikan hadiah bagi mereka yang bisa.

"Ada yang bisa bacakan Pancasila?", tanya Muhadjir.

"Kalau ada yang berani maju ke depan, nanti diberi hadiah," sambungnya.



Tanpa malu-malu dua murid perwakilan maju ke depan untuk menerima tantangan dari Muhadjir. Setelah lancar melafalkan Pancasila, 2 murid itu mendapatkan hadiah berupa buku bacaan.

Usai kegiatan itu, Muhadjir melanjutkan kunjungannya ke SMPN 1 Tambun Selatan. Muhadjir berjalan kaki dan disambut oleh para siswa yang telah menunggunya.

Muhadjir berpesan agar murid-murid selalu semangat dalam menuntut ilmu. Selain itu, Muhadjir berpesan agar guru-guru mengarahkan anak-anak kepada hal yang baik.

"Saya mohon belajar yang sungguh-sungguh dan usahakan tidak ada waktu yang hilang percuma tanpa digunakan waktu untuk belajar. Untuk bapak dan ibu guru antar anak-anak ini untuk memiliki cita-cita yang baik sesuai harapan orang tua maupun oleh anak-anak semua," kata Muhadjir.


Simak Video "Tinjau Hari Pertama Sekolah, Mendikbud Beri Pesan ke Guru dan Siswa"

[Gambas:Video 20detik]



Simak Video "Mendikbud Minta Pejabat Hingga Orang Tua Awasi Anak dari Pengaruh Unjuk Rasa"
[Gambas:Video 20detik]

(knv/knv)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com