detikNews
Selasa 16 Juli 2019, 08:19 WIB

Gempa M 6 di Bali, Getaran Dirasakan hingga Lombok dan Lumajang

Dwi Andayani - detikNews
Gempa M 6 di Bali, Getaran Dirasakan hingga Lombok dan Lumajang Foto: Zainal Abidin
Jakarta - Gempa dengan magnitudo (M) 6 terjadi di Nusa Dua, Bali. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut gempa ini dilaporkan terasa hingga Lombok dan Lumajang.

"Guncangan gempa bumi ini dilaporkan dirasakan di daerah Badung V MMI, Nusa Dua IV-V MMI, Denpasar, Mataram, Lombok Tengah, Lombok Barat IV MMI, Banyuwangi, Karangkates, Sumbawa, Lombok Timur, Lombok Utara III MMI, Jember, Lumajang II- III MMI," ujar Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono dalam keterangan tertulisnya, Selasa (16/7/2019).

Rahmat mengatakan, gempa M 6 ini diakibatkan oleh aktivitas lempengan Indonesia-Australia yang menyusup ke bawah lempeng Eurasia. Disebutkan, gempa terjadi dengan pergerakan jenis naik mendatar.

"Tampak bahwa gempa bumi berkedalaman menengah ini diakibatkan oleh, aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia yang menyusup ke bawah Lempang Eurasia. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi ini dibangkitkan oleh deformasi batuan, dengan mekanisme pergerakan jenis naik mendatar (oblique thrust fault)," ujar Rahmat.



Rahmat menyebut, sampai pagi ini pada pukul 07.50 WIB belum ada gempa susulan yang tercatat. Masyarakat diminta untuk tidak terpengaruh isu yang tidak benar.

"Hingga pukul 07.50 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock). Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang, dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," kata Rahmat.



Diketahui, Gempa ini terjadi pada hari ini pukul 07.18 WIB. Lokasi gempa ada di koordinat 9,11 Lintang Selatan dan 114,54 Bujur Timur.

Pusat gempa ada di 83 km arah barat daya Nusa Dua. Hiposenter gempa ada di kedalaman 68 km.



Tonton video BNPB Kerahkan Drone, Pantau Kerusakan Gempa Halmahera Selatan:

[Gambas:Video 20detik]



Simak Video "Doa Netizen Mengalir Pasca Gempa Bali Pagi Tadi"
[Gambas:Video 20detik]

(dwia/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com