detikNews
Senin 15 Juli 2019, 18:15 WIB

Mufidah Kalla Resmikan Gedung Deskranasda Kalteng

Eva Safitri - detikNews
Mufidah Kalla Resmikan Gedung Deskranasda Kalteng Mufidah Kalla di gedung Deskranas daerah Kalimantan Tengah (Eva/detikcom)
Palangkaraya - Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional (Deskranas) Mufidah Jusuf Kalla meresmikan gedung Deskranas daerah Kalimantan Tengah. Gedung ini sekaligus menjadi galeri Central Borneo Souvenir atau pusat galeri hasil kerajinan daerah setempat.

"Saya sangat bersyukur dan bahagia, karena Dekranasda Provinsi Kalimantan Tengah telah membangun kantor, sekaligus sebagai galeri untuk membantu pemasaran hasil produksi para UKM dengan Central Borneo Souvenir," ujar Mufidah di Central Borneo Souvenir, Jl Imam Bonjol, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Senin (15/7/2019).

Galeri ini, menurut Mufidah, menjadi wadah bagi para seluruh perajin setempat untuk memamerkan produknya. Juga sebagai penunjang bagi sektor pariwisata Kalimantan Tengah dalam penyediaan suvenir.



"Galeri yang berlokasi di Kota Palangka Raya ini sangat strategis disamping akan membantu (mengatasi) permasalahan UKM, juga akan menunjang keberhasilan sektor pariwisata Kalimantan Tengah, khususnya dalam menyediakan suvenir bagi para wisatawan yang berkunjung ke Kalimantan," ucapnya.

Galeri itu akan diisi oleh berbagai jenis produk hasil kerajinan Kalimantan Tengah. Dalam penyediaan produknya pun, Mufidah meminta para perajin cermat memilih. Menurutnya, desain dan mutu dari produk harus diprioritaskan.

"Dalam hal penyediaan produk yang akan ditampilkan, pemilihan produk harus dilakukan secara cermat, tentunya produk dengan mutu dan desain yang baik serta harga yang terjangkau, dan dicari oleh para konsumen," ucapnya.



Di akhir peresmian, Mufidah juga menyempatkan diri melihat-lihat jenis produk yang dipajang, mulai pernak-pernik, kalung, gelang, hiasan tembok, hingga tas. Bahkan ada juga pajangan yang terbuat dari kayu dan bambu.

Di Kalimantan Tengah ini, Mufidah mengatakan menyukai produk anyaman yang terbuat dari rotan. Ia membanggakan hasil anyaman rotan yang berasal dari Kalimantan Tengah ini.

"Anyamannya bagus di sini. Anyaman di sini paling bagus ada dari rotan," ujarnya.

Mufidah mengingatkan pengurus Dekranasda terus mengembangkan keterampilan melalui pelatihan. Apalagi menurutnya banyak potensi yang dapat dihasilkan dari Kalimantan Tengah.

Pelatihan itu juga sekaligus dapat meningkatkan kualitas produk, sehingga nantinya dapat diekspor ke luar negeri.

"Pelatihan selalu kita dukung, ini kan gedungnya sudah bagus, untuk meningkatkan kualitasnya supaya bisa di ekspor nanti semua apa yang dibuat oleh perajin. Potensi sangat tinggi deh potensinya, dan mereka semua semangat, apalagi kalau kita sudah kunjungi begini, mereka termotivasi," katanya.

Simak Video "Mufidah Kalla: Ani Yudhoyono Pribadi yang Baik dan Hangat"
[Gambas:Video 20detik]

(eva/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com