Gempa Kembali Terjadi di Pulau Bacan, Tak Berpotensi Tsunami

Mochamad Zhacky - detikNews
Senin, 15 Jul 2019 18:07 WIB
Ilustrasi Gempa (Foto: AFP)
Jakarta - Gempa bumi magnitudo (M) 5,3 terjadi di Pulau Bacan, Maluku Utara (Malut). Gempa tersebut tak berpotensi menimbulkan tsunami.

Informasi gempa disampaikan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melalui akun Twitter @infoBMKG, Senin (15/7/2019). Gempa terjadi pukul 17.35 WIB.


Kedalaman gempa 10 km. Titik koordinatnya di 0,46 lintang selatan dan 127,83 bujur timur.

"42 Km timur laut Labuha, Malut," tulis BMKG.

Sebelumnya diberitakan, Pulau Bacan diguncang gempa M 7,2 kemarin. Akibat gempa tersebut, 2.000 orang mengungsi dan 2 warga tewas.

Gempa tersebut juga membuat 58 rumah rusak. Selain itu, jembatan di Desa Saketa rusak.


BNPB saat ini masih berkoordinasi dengan berbagai pihak. Hal tersebut dilakukan untuk mengetahui perkembangan terbaru mengenai kondisi di lokasi yang terkena dampak gempa.

"Kita masih berkoordinasi dengan tim yang sedang dikirim ke lokasi dan kita juga berkoordinasi dengan pemerintah setempat, baik BPBD, pemda, maupun TNI-Polri untuk mendapatkan informasi-informasi untuk bisa kita update untuk bisa mengetahui perkembangan selanjutnya," kata Pelaksana Harian (Plh) Kepala Pusat Data, Informasi, dan Hubungan Masyarakat BNPB, Agus Wibowo, saat konferensi pers di gedung BNPB, Jalan Pramuka No 38, Utan Kayu Utara, Matraman, Jakarta Timur, Senin (15/7).

Simak Video "Turki Diguncang Gempa, 21 Orang Tewas"
[Gambas:Video 20detik]
(zak/gbr)