detikNews
Senin 15 Juli 2019, 15:59 WIB

Guru Honorer SD di Pandeglang Tinggal di WC, Camat Janji Carikan Tempat Layak

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Guru Honorer SD di Pandeglang Tinggal di WC, Camat Janji Carikan Tempat Layak Sekretaris Camat Cigeulis, E Hadikusuma (Bahtiar/detikcom)
Pandeglang - Pihak Kecamatan Cigeulis mengaku prihatin ada guru honorer SD Negeri Karyabuana 3, Pandeglang, tinggal di WC sekolah. Tempat itu dinilai tidak layak, apalagi untuk seorang guru.

"Dilihat tempat itu tidak layak ditinggali oleh manusia," ujar Sekretaris Camat Cigeulis, E Hadikusuma, di lokasi, Pandeglang, Banten, Senin (15/7/2019).


Pegawai kecamatan, guru, dan dan komite sepakat untuk mencarikan tempat tinggal layak buat Nining dan keluarganya. Nining akan dipindahkan dengan membangun rumah baru.

"Swadaya iuran. Sepakat bagaimana Ibu Nining dapat rumah layak. Jangan sampai kejadian ini terulang kembali guru tinggal di WC," janjinya.

Informasi dari pihak sekolah, lanjut Hadikusumah, Nining memang meminta memanfaatkan WC dan sebidang tanah di sampingnya untuk dijadikan rumah. Permintaan ini pernah ditolak oleh sekolah dan komite. Namun, karena tak ada pilihan, akhirnya mereka memberikan izin.

"Bukan mengizinkan, terpaksa mengizinkan dengan direnovasi tambah ruang. Kebetulan Ibu Nining tidak mampu, akhirnya memanfaatkan tempat itu," katanya.

Nining terpaksa memanfaatkan toilet sekolah jadi bagian dari rumahnya sejak 2 tahun lalu. Sebab, dia tak ada pilihan lain setelah rumahnya yang lama hancur.


Toilet untuk guru dan murid SD itu ia gunakan untuk dapur dan ada tempat salat. Sekat temboknya ia gunakan untuk tempat tidur dan warung yang menjual aneka camilan untuk anak sekolah.

Nining mengaku sempat putus asa menjadi tenaga honorer sejak 2004 di sekolah ini. Dia hanya mendapat upah Rp 350 ribu, yang dibayarkan per tiga bulan.

"Putus asa karena pemerintah nggak ada kebijakan buat saya. Putus asa, usia sudah tua, bagaimana selanjutnya kalau nggak ada perhatian dari pemerintah," kata Nining.

Simak Video "Diciduk! Guru Honorer Menyesal Posting Ancam Bunuh Jokowi"
[Gambas:Video 20detik]

(bri/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com