detikNews
Senin 15 Juli 2019, 15:53 WIB

Ratusan Pencari Suaka di Kalideres Mengeluh Sakit, 2 Dirujuk ke RS

Adhi Indra P - detikNews
Ratusan Pencari Suaka di Kalideres Mengeluh Sakit, 2 Dirujuk ke RS Kondisi Para Pencari Suaka di Kalideres (Foto: Adhi Indra/detikcom)
Jakarta - Ratusan pencari suaka di Kalideres mulai terserang penyakit. Dua di antaranya bahkan harus dirujuk ke rumah sakit.

"Hari ini ada 190-an pasien sampai siang ini. Menurun dibandingkan hari kemarin, yang hari pertama bisa sampe seribuan," ujar petugas Puskesmas Kalideres, dr Cindy Sanders, saat ditemui di lokasi, Jalan Bedugul, Kalideres, Jakarta Barat, Senin (15/7/2019).


Foto: Adhi Indra/detikcom

Cindy menyebut penyakit yang banyak menyerang para pencari suaka antara lain diare, mual, muntah, demam, hingga infeksi saluran pencernaan.

"Kalau hari ini (mayoritas) batuk, pilek, sakit perut, diare gitu," sebut Cindy.


Foto: Adhi Indra/detikcom

Menurut Cindy, pagi ini ada 2 orang pencari suaka yang harus dibawa ke rumah sakit. Salah seorang di antaranya masih anak-anak.

"Ada 2 orang (yang dibawa ke rumah sakit). Masalahnya, yang satu dehidrasi, sama diare dan muntah. Yang satu anak-anak, sedangkan yang satu lagi bukan saya yang pegang. Mereka berdua dibawa ke RSUD Cengkareng pagi tadi," ujarnya.



Pantauan detikcom, saat ini para petugas Puskesmas Kalideres sudah meninggalkan Gedung Eks Kodim karena waktu pemeriksaan kesehatan hari ini sudah selesai. Saat ini sebagian besar para pencari suaka sedang beristirahat.

Para laki-laki terlihat sedang asyik mengobrol di luar tenda. Sementara para ibu dan anak-anak banyak yang beristirahat di dalam ruangan. Ada juga ibu yang terlihat sedang memandikan anak-anaknya. Sedangkan sebagian kecil anak-anak menghabiskan waktu dengan berlarian di lingkungan Gedung Eks Kodim dan bermain bola.



Simak Video "Evakuasi Pencari Suaka di Kebon Sirih Berujung Ricuh"
[Gambas:Video 20detik]

(knv/knv)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com