detikNews
Senin 15 Juli 2019, 14:42 WIB

Guru Honorer SD di Pandeglang Dibiayai Kepsek Jadikan WC Sekolah Tempat Tinggal

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Guru Honorer SD di Pandeglang Dibiayai Kepsek Jadikan WC Sekolah Tempat Tinggal Foto: Guru honorer di Serang tinggal di toilet. (Bahtiar Rifa'i-detikcom)
Pandeglang - Guru honorer SD Negeri Karyabuana 3, Pandeglang, Nining Suryani telah 2 tahun memanfaatkan WC sekolah jadi tempat tinggal. Bersama suaminya, dia merenovasi bangunan toilet atas bantuan kepala sekolah.

"Ini kan ngebangun bikin sendiri, asbes, GRC (plafon) nang pamere kepala sekolah (dikasih kepala sekolah)" kata suami Nining, Ebi Husaebi kepada wartawan di Cigeulis, Pandeglang, Banten, Senin (15/7/2019).


Dia mengatakan, setelah rumahnya hancur, mereka berdua meminta izin pada kepala sekolah untuk memanfaatkan ruang kosong di samping WC sekolah. Ruang kosong itu dijadikan satu ruangan tempat tinggal. Sedangkan WC digunakan untuk dapur.

Proes renovasi selama sekitar 2 minggu. Dia memanfaatkan material kayu untuk dijadikan topangan rumah.

"Ibu juga bantuan (membantu), megangin kalau ada yang dipaku-paku," ujarnya.

Renovasi ini tidak mengeluarkan biaya. Selain tidak punya uang untuk membangun rumah, ia menggunakan tenaga sendiri untuk menekan biaya.

"Kalau kenek harus dibayar masa minta lagi ke kepala sekolah," ujarnya.


Sejak rumahnya roboh 2 tahun lalu, Nining terpaksa memanfaatkan WC sekolah jadi tempat tinggal. Sebagai honorer, ia tak sanggup membuat rumah karena hanya digaji Rp 350 ribu/bulan.

"Sudah dua tahun tinggal. Nggak punya rumah, rumahnya roboh. Mau mendirikan lagi uangnya nggak ada buat anak sekolah," kata Nining.

Toilet untuk guru dan murid SD itu ia gunakan untuk dapur dan ada tempat salat. Sekat temboknya ia gunakan untuk tempat tidur dan warung yang menjual aneka cemilan untuk anak sekolah.

Simak Video "Guru Honorer SD di Pandeglang Tinggal di WC Sekolah"
[Gambas:Video 20detik]

(idh/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com