detikNews
Senin 15 Juli 2019, 14:11 WIB

Hari Pertama Sekolah, Hati-hati Jika Unggah Foto Anak ke Medsos!

Lusiana Mustinda - detikNews
Hari Pertama Sekolah, Hati-hati Jika Unggah Foto Anak ke Medsos! Hari Pertama Masuk Sekolah, Jangan Asal Unggah Foto Anak. Foto: Instagram
Jakarta - Di hari pertama sekolah, orang tua pasti akan gemas dengan tingkah sang anak. Alhasil, banyak yang mengunggah foto-foto anak di medsos. Tapi, apa yang harus diperhatikan?

Para orang tua selalu bersemangat mengabadikan momen istimewa si kecil. Apalagi ketika melihat anak mengenakan seragam sekolah di hari pertama sekolah PAUD, TK atau pun SD.

Sebelum mengunggah foto anak ke medsos. Sebaiknya perhatikan dulu beberapa aturan ini ya!

1. Jangan Perlihatkan Identitas

Pastikan foto yang diunggah tidak menampilkan identitas lengkap anak. Beberapa identitas yang tak boleh dipublikasi adalah nama lengkap anak, tanggal lahir, nama hingga alamat sekolah.

Tanpa disadari, beberapa orang tua sering mengunggah foto si kecil dengan menuliskan caption nama lengkap. Di hari pertama sekolah, foto dengan seragam sekolah juga sebaiknya jangan dilakukan. Biasanya tertulis nama atau pun baju batik sekolahnya dapat menunjukkan ciri-ciri dimana anak bersekolah.


2. Matikan Penanda Lokasi

Ketika ingin mengunggah foto anak pastikan penanda lokasi di medsos di matikan. Jika Anda mencantumkan peta lokasi si kecil, tentu untuk pihak yang berniat jahat bisa dengan mudah menemukan anak Anda.

Jadi jangan sampai gara-gara viral hastag #haripertamasekolah Anda mengabaikan keselamatan anak.

3. Jangan Sampai Overexpose

Pastikan foto hari pertama sekolah 2019 yang diunggah di medsos menampilkan foto baik anak. Jangan memasak foto anak yang nantinya dapat menimbulkan pelecehan, penghinaan dan perundungan.

4. Jangan Foto Anak Lain

Hari pertama sekolah lucu memang selalu dihiasi dengan anak-anak usia anak PAUD, TK dan SD. Mereka masih bersosialiasi dengan teman-temannya. Saat memotret anak, pastikan tidak ada anak lain yang masuk ke dalam foto.

Kalau pun dalam sebuah foto tersebut ada anak lain, Anda harus meminta izin terlebih dulu kepada kedua orang tuanya. Hargailah privasi mereka. Cara lain adalah dengan menutupi wajah anak lain dengan stiker menggunakan aplikasi edit foto.

5. Minta Izin ke Anak

Ketika hendak memposting foto anak yang berusia sekolah atau sekitar 7-8 tahun, ada baiknya orang tua meminta izin pada mereka sebelum mengunggah foto si anak.

Anak usia sekolah, sudah bisa menilai sesuatu tentang dirinya. Misalnya foto yang dianggap oleh orang tua lucu, belum tentu memiliki anggapan yang sama dengan anak.

Dengan meminta izin mengunggah foto anak di hari pertama sekolahnya terlebih dulu, anak akan merasa dihargai.










Simak Video "Drama di Hari Pertama Masuk Sekolah, Anak Emoh Masuk Kelas"
[Gambas:Video 20detik]

(lus/nwy)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com