Bara Hasibuan Klaim Mayoritas DPW PAN Dukung Gabung ke Jokowi

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Senin, 15 Jul 2019 14:22 WIB
Foto: Bara Hasibuan (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Waketum PAN Bara Hasibuan mengungkapkan sebagian besar DPW PAN mendukung ide merapat ke koalisi Presiden Joko Widodo (Jokowi). Bara mengatakan setidaknya 20-30 pengurus provinsi tak menolak ide tersebut.

"Tren PAN itu sendiri di DPP dan sudah ada 20-30 pengurus provinsi yang dipanggil ketum bahwa tren itu emang kita gabung ke pemerintahan Jokowi. Dan mereka yang dipanggil itu tidak menyatakan objeksinya untuk bergabung dengan Jokowi," kata Bara di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (15/7/2019).

"Ada yang menengah yang terang-terangan menyatakan terang-terangan bergabung dengan pemerintahan Jokowi," lanjutnya.


Bara mengatakan langkah merapat ke koalisi Jokowi itu realistis dan logis terutama untuk posisi PAN 5 tahun ke depan.

"Bagi kami melihat sejarah PAN lebih baik adalah masuk dalam pemerintahan. Kami memiliki basis sosial yang unik dan bisa menjadi salah satu pilar utama dari pemerintahan itu nanti untuk menjawab berbagai tantangan dan bagi kami memang kalau dalam pemerintahan kita bisa mengambil setiap proses dari pengambilan kebijakan publik," tutur Bara.

Bara mengungkapkan pembicaraan soal opsi merapat ke koalisi Jokowi ini juga sudah dibicarakan dalam DPP, termasuk dengan Amien Rais. Namun, kata dia, keputusan akan diambil berdasarkan proses institusional.


"Tentu kami menerima masukan advice input dari berbagai pihak Dewan Kehormatan, juga ada Ketua Majelis Pertimbangan Partai yang saat ini dijabat oleh Soetrisno Bachir yang waktu itu juga aktif di Tim Kampanye Jokowi," kata dia.

"Jadi kami menerima advice saran dari berbagai pihak dan tentu saja kami akan mengambil keputusan berdasarkan proses institusional. Jadi memang ini bukan kemauan satu dua orang saja, tapi betul-betul melibatkan semua pihak, pengurus DPP, juga pengurus-pengurus provinsi," sambung Bara.


Bara pun berharap nantinya PAN bisa ikut berperan dalam pemerintahan atau di pimpinan parlemen jika resmi bergabung dengan koalisi Jokowi.

"Tentu bisa di pemerintahan. Bisa di pimpinan DPR/MPR tentu kita perlu tempat yang bisa bekerja nyata untuk bantu Jokowi. Apakah di pemerintahan, kabinet, atau di parlemen. Itu manifestasi macam-macam," pungkas Bara.


Waketum PAN Tanggapi Pernyataan Amien Rais soal 'Rabun Ayam':



Simak Video "Pasha Ungu Turut Berdonasi hingga Ciptakan Lagu untuk Palestina"
[Gambas:Video 20detik]
(mae/gbr)