Jokowi-Prabowo Sudah Bertemu, PDIP Tunggu Komitmen Politik Gerindra

Danu Damarjati - detikNews
Senin, 15 Jul 2019 08:39 WIB
Prabowo dan Jokowi (Andhika/detikcom)
Prabowo dan Jokowi (Andhika/detikcom)
Jakarta - Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto sudah bertemu di MRT pada Sabtu (13/7). Politikus PDIP menyebut pertemuan itu adalah bentuk komitmen moral. Kini tinggal komitmen politik Partai Gerindra, partai yang dipimpin Prabowo, apakah mau ikut mendukung Jokowi atau menjadi oposisi?

"Setelah komitmen moral, kita menunggu komitmen politik, termasuk apa posisi politik Pak Prabowo setelah ini, di dalam atau di luar pemerintahan. Atau netral?" kata Sekretaris Badan Pendidikan dan Pelatihan DPP PDIP Eva Kusuma Sundari kepada wartawan, Senin (15/7/2019).



Eva menyatakan pertemuan lanjutan Jokowi-Prabowo setelah peristiwa di MRT pasti akan digelar. Pertemuan di MRT itu dilihatnya sebagai pertemuan pembukaan tanpa ada tujuan aksi politik yang nyata. Namun, paling tidak, komitmen moral Prabowo dan Jokowi untuk bertemu sudah terwujud.

"Komitmen moral itu penting sebagai sinyal untuk para pendukung yang sampai saat ini masih tersegregasi. Pertemuan Jokowi-Prabowo adalah sinyal bagi para pendukung untuk menyudahi rivalitas," kata Eva.



Kini komitmen politik Prabowo ditunggu PDIP, partai asal Jokowi. Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai Gerindra akan diselenggarakan pada Agustus mendatang. Diharapkan forum itu bakal melahirkan keputusan yang tepat dari partai berlambang kepala burung garuda itu.

"Kita harus menunggu Pak Prabowo yang akan rakernas. Dalam rakernas itu Pak Prabowo akan menetapkan mau oposisi atau mau koalisi, ataukah menjadi penyeimbang biasa," kata Eva.

"Tapi niat baik itu ada," tandasnya.


Jokowi: Ini Bukan Tentang Aku dan Kamu, tapi Ini Tentang Bangsa

[Gambas:Video 20detik]



Simak Video "Anggap Pidato Jokowi Kurang UUD 45, Amien Rais Ajak Duduk Bareng"
[Gambas:Video 20detik]
(dnu/knv)