detikNews
Minggu 14 Juli 2019, 20:55 WIB

Jokowi: Ini Bukan tentang Aku atau Kamu, Ini tentang Bangsa

Ray Jordan - detikNews
Jokowi: Ini Bukan tentang Aku atau Kamu, Ini tentang Bangsa Jokowi dan Ma'ruf Amin di pidato Visi Indonesia (Ray Jordan/detikcom)
Bogor - Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) berbicara tentang kemajuan bangsa. Jokowi mengatakan, untuk memajukan bangsa dan negara, warga negara Indonesia harus bersatu dan berhenti memikirkan kepentingan pribadi maupun kelompok.

"Ini bukanlah tentang aku atau kamu. Juga bukan kami atau mereka. Bukan soal barat atau timur. Bukan selatan atau utara. Sekarang bukan saatnya memikirkan itu semuanya. Tapi ini saatnya memikirkan tentang bangsa kita bersama. Jangan ragu, jangan pernah ragu untuk maju karena kita mampu jika kita bersatu," kata Jokowi dalam pidato Visi Indonesia di SICC, Sentul, Bogor, Jawa Barat, Minggu (14/7/2019).



Jokowi juga berbicara tentang pentingnya persatuan dan kerukunan untuk memajukan bangsa. Dia mengatakan bangsa yang bersatu dan rukun dapat menjadikan Indonesia maju adil dan makmur.

"Indonesia yang maju adalah yang tidak ada satu pun rakyatnya yang tertinggal untuk meraih cita-citanya. Indonesia yang demokratis yang hasilnya dinikmati oleh seluruh rakyat Indonesia, yang setiap warga negaranya memiliki hak-hak yang sama di depan hukum. Indonesia yang menguasai iptek kelas dunia. Indonesia yang mampu menjaga bangsa dan negara dan dunia yang semakin kompetitif," tuturnya.



Karena itu, kata Jokowi, persatuan dalam keberagaman harus selalu dijunjung tinggi di Indonesia. Dia meyakini semua pihak pun berkomitmen untuk bersama-sama memajukan Indonesia.

"Kita ingin bersama dalam Bhinneka Tunggal Ika, dalam keberagaman. Rukun itu indah. Rukun itu indah. Bersaudara itu indah. Bersatu itu juga indah. Bersatu itu indah. Saya yakin kita semua berkomitmen meletakkan demokrasi yang berkeadaban, yang menjunjung tinggi kepribadian Indonesia, yang menjunjung tinggi martabat Indonesia. Yang akan membawa Indonesia akan menjadi Indonesia maju adil dan Makmur," pungkas Jokowi.

Simak Video "Visi Indonesia Minus Hukum Dan HAM"
[Gambas:Video 20detik]

(mae/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com