detikNews
Minggu 14 Juli 2019, 13:37 WIB

Amini Amien Rais, PKS Tegaskan #KamiOposisi

Yulida Medistiara - detikNews
Amini Amien Rais, PKS Tegaskan #KamiOposisi Mardani Ali Sera (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais meminta parpol koalisi 02 tetap berada di barisan oposisi. PKS sepakat dengan pernyataan Amien Rais itu.

"Setuju dengan pernyataan Pak Amien. Sejak awal saya pribadi sudah menyatakan secara etika dan logika publik partai pendukung Prabowo menjadi #KamiOposisi," ujar Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera saat dihubungi, Minggu (14/7/2019).


Sama halnya Amien Rais, Mardani mengatakan adanya oposisi akan baik bagi kesehatan demokrasi. Demokrasi memerlukan pihak yang mengontrol kebijakan pemerintah.

"Karena itu baik dan sehat bagi demokrasi. Publik melihat ada istikamah dari sikap kita. Dan memberi kanal semangat perlawanan sekarang dalam koridor yang konstitusional dan produktif," ujarnya.

Ia mengatakan, secara prinsip, PKS akan tetap sebagai oposisi. Namun sikap resmi baru akan disampaikan dalam rapat musyawarah Majelis Syuro.

"Istikamah #KamiOposisi. Walau sesuai prosedur mekanisme Musyawarah Majelis Syuro yang menetapkan sikap itu," tegasnya.


Sebelumnya, Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais meminta parpol koalisi 02 tetap berada di kubu oposisi. Jika koalisi pengusung Prabowo-Sandiaga bergabung ke pemerintahan Jokowi, menurut Amien, hal itu pertanda matinya demokrasi.

"Kalau pada bergabung, nanti tak ada lagi yang mengawasi, nanti suara DPR sama dengan suara eksekutif, itu pertanda lonceng kematian demokrasi, di mana-mana seperti itu," kata Amien kepada wartawan di kediamannya di Condongcatur, Depok, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sabtu (13/7).

Pada prinsipnya, lanjut Amien, sebaiknya koalisi 02 tetap berada di luar pemerintahan. Amien menyebut hal itu lebih terhormat.

"Memang kita di luar, sangat indah kalau kubu Prabowo itu di luar. Ini juga terhormat untuk mengawasi lima tahun mendatang," jelas Amien.

Simak Video "Amien Rais Peringatkan Wiranto: Jangan Main-main dengan Kita!"
[Gambas:Video 20detik]

(yld/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed