NasDem Apresiasi Pertemuan Jokowi-Prabowo: Inilah Puncak Rekonsiliasi

Zunita Putri - detikNews
Sabtu, 13 Jul 2019 17:57 WIB
Teuku Taufiqulhadi (Ari Saputra/detikcom)
Teuku Taufiqulhadi (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Partai NasDem merespons pertemuan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Prabowo Subianto. NasDem menilai pertemuan ini sebagai puncak rekonsiliasi yang diharapkan semua pihak.

Politikus NasDem, Teuku Taufiqulhadi, menilai pertemuan Jokowi dan Prabowo yang terbuka dan tidak tertutup itu menggambarkan rekonsiliasi yang sebenarnya. Taufiq menilai ada pesan khusus yang dilakukan oleh keduanya saat bertemu di ruang publik yang terbuka.

"Pertemuan mereka dibuat tidak eksklusif dan memang dirancang untuk publik. Pesannya adalah keduanya milik publik (rakyat) dan diharapkan rakyat segera menerima pesan mereka bahwa keduanya telah menuntaskan tugas yang diberikan oleh masing-masing anggota masyarakat," kata Taufiq kepada wartawan, Sabtu (13/7/2019).



"Kenapa mereka bertemu di tempat umum? Mereka ingin mengirim pesan langsung sendiri, tentang pertautan mereka, dan tentang cairnya suasana batin mereka," lanjutnya.

Karena itulah, Taufiq menilai pertemuan Jokowi dengan Prabowo kali ini sebagai bentuk puncak terciptanya rekonsiliasi yang sebenarnya. Menurutnya, rekonsiliasi itu tak selalu harus tertutup agar terlihat menarik di mata rakyat.

"Dengan pertemuan ini, rekonsiliasi sudah terjadi. Kami melihat, inilah puncak rekonsiliasi, demikian persoalan rekonsiliasi, tidak perlu lagi kita detailkan. Rekonsiliasi yang didetailkan menjadi tidak manis lagi di depan rakyat," ucapnya.



Sementara itu, Sekjen NasDem Johnny G Plate mengapresiasi pertemuan Jokowi dan Prabowo. Johnny juga mengajak para elite politik kembali menatap masa depan Indonesia.

"Pak Jokowi dan Pak Prabowo sudah bertemu, karenanya para elite dan pengikutnya juga sudah seharusnya membangun persahabatan yang lebih kokoh dengan tetap menghormati pilihan politik masing-masing. Mari bersama sama bergerak ke depan dan menatap masa depan bangsa," kata Johnny.



Sebelumnya, Wasekjen PAN Saleh Partaonan Daulay mengatakan pertemuan ini hanya awal dari rekonsiliasi yang diserukan berbagai pihak. Menurutnya, rekonsiliasi itu akan terjadi apabila melibatkan seluruh pihak, dari pendukung hingga partai koalisi masing-masing.

"Kan banyak yang bilang mau rekonsiliasi. Apa ini yang dinamakan rekonsiliasi? Menurut saya, ini baru permulaan saja. Rekonsiliasi perlu melibatkan seluruh komponen pendukung masing-masing. Tidak hanya partai-partai politik, tetapi juga tokoh masyarakat dan agama yang selama ini juga sempat terafiliasi ke salah satu paslon," kata Saleh kepada wartawan, Sabtu (13/7).




Simak Juga 'Hormat, Salam dan Pelukan Hangat Jokowi-Prabowo':

[Gambas:Video 20detik]



Simak Video "Pengurus NasDem 2019-2024: Johnny Sekjen, Prananda Korbid Pemilu"
[Gambas:Video 20detik]
(zap/hri)