Cegah Abrasi, 10 Ribu Bibit Bakau Ditanam di Pantai Indah Kapuk

Isal Mawardi - detikNews
Sabtu, 13 Jul 2019 13:07 WIB
Foto: Isal Mawardi/detikcom
Jakarta - 10 ribu bibit bakau ditanam di Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara. Penanaman bakau ini dilakukan untuk menjaga pengikisan pantai atau abrasi.

"Hari ini penanaman 10 ribu pohon (bakau) serta (kegiatan ini) mempererat hubungan antara Indonesia dan Jepang," ujar Deputi Gubernur Pemprov DKI Bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup Oswar Mungkasa, di Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara, Sabtu (13/7/2019).

Penanaman bibit bakau ini kerja sama Pemprov DKI Jakarta dengan AEON Environtmental Foundation. Kerja sama ini sendiri telah dimulai sejak 2011. Meski begitu, tanaman bakau yang ditanam 8 tahun yang lalu itu masih terawat dengan baik.

"Dari 2011 sampai 2013 kita melakukan penanaman 53 ribu pohon (bakau) bersama relawan Indonesia dan Jepang yang sampai saat ini mangrove-nya terawat dengan baik," ujar Oswar.

Tahun 2019, sebut Oswar, merupakan periode kedua penanaman bakau di lokasi yang sama, yakni Pantai Indah Kapuk. Diharapkan dengan adanya hutan bakau ini dapat menjaga lingkungan khususnya di pesisir pantai.



"Tahun 2019 periode kedua menanam pohon bersama 1.040 relawan Jepang dan Indonesia. Kesepakatan ini merupakan wujud sinergitas atas isu pembangunan yang berkelanjutan khususnya dampak lingkungan. Harap kami, penanaman dapat melindungi lingkungan terdekat dan dapat mencegah bencana seperti banjir," ujar Oswar.

Presiden Direktur AEON, Motoya Okada, bercerita mengenai pentingnya tanaman bakau. Menurutnya, bakau dapat melindungi lingkungan sekitar dari berbagai bencana.

"Hari ini sama-sama menanam 10 ribu tanaman bakau. Bakau (dapat) menahan peningkatan level air dan mencegah erosi tanah. Jakarta bisa disebut mengalami pemanasan global. Kita akan menanam bakau dengan tujuan agar menjadi area untuk mencegah bencana termasuk melindungi area tol yang ada di sekitar sini," ujar Okada.

Pantauan detikcom, penanaman bibit bakau dilakukan lahan seluar 4.000 m2 di Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara, Sabtu (13/7) pagi. Acara tersebut bertema 'Yuk Tanam Bakau untuk Kelestarian Alam'.

Dalam kegiatan tersebut, Oswar dan 1.000 relawan dari Jepang dan Indonesia tampak serempak mengenakan kaos berwarna biru dan sepatu booth. Setelah menyimak pidato dari Oswar dan Motoya, relawan dengan seksama menuju ladang penanaman bibit bakau yang berjarak sekitar 50 meter dari area panggung utama.



Simak Video "Melepaskan Kepiting Bakau, Demak"
[Gambas:Video 20detik]
(isa/mea)