detikNews
Sabtu 13 Juli 2019, 07:26 WIB

Round-Up

Heboh Video Rendahkan Perempuan, Trio 'Ikan Asin' Masuk Tahanan

Tim detikcom - detikNews
Heboh Video Rendahkan Perempuan, Trio Ikan Asin Masuk Tahanan Foto: Hanif/detikHOT
Jakarta - Kasus 'ikan asin' yang menyeret artis Galih Ginanjar, Rey Utami dan Pablo Benua menjadi sorotan publik. Setelah resmi menyandang status sebagai tersangka, kini ketiganya berakhir di tahanan.

Ketiganya ditahan di Rutan Polda Metro Jaya pada Jumat (12/7) siang. Sebelum dimasukkan ke dalam sel tahanan, ketiganya menjalani pemeriksaan kesehatan dan tes narkoba di Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokes) Polda Metro Jaya.

Penahanan ini sempat mendapat penolakan dari tersangka Galih Ginanjar. Meski menolak penahanan, namun hal itu tidak menghalangi penyidik untuk menjebloskannya ke dalam tahanan.

"Ada satu tersangka, tersangka Galih tidak mau tanda tangan surat penahanan, tidak masalah," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (12/7/2019).



Karena tidak mau menanda tangani surat perintah penahanan itu, Galih akhirnya menanda tangani BAP penolakan. Namun Galih tetap ditahan.

"Kita buatkan berita acara penolakan penandatanganan dan itu nggak hilangkan penahanan, tetap ditahan," tutur Argo.

Sementara Rey Utami dan Pablo Benua menerima penahanan tersebut. Ketiganya kemudian digiring ke Rutan Polda Metro Jaya setelah dinyatakan sehat dan bebas narkoba.

Kasus ini mencuat setelah Fairuz A Rafiq melaporkan ketiganya ke Polda Metro Jaya. Fairuz merasa nama baiknya tercemarkan setelah muncul vlog wawancara Galih Ginanjar dengan Rey Utami di channel YouTube 'Rey Utami & Benua'



Dalam perbincangan itu, Galih membicarakan hubungan masa lalunya dengan mantan istrinya, Fairuz. Perbincangan yang dimuat di konten 'Mulut Sampah' vlog itu, juga menyerempet masalah seksualitas hingga terucap 'ikan asin' dari mulut Galih.

Ketiganya kemudian dipanggil polisi untuk memberi klarifikasi. Tidak lama kemudian, polisi menetapkan ketiganya sebagai tersangka.

Ketiganya dijerat Pasal 27 ayat (1) dan (3) UU Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE), Pasal 310 dan 311 KUHP tentang pencemaran nama baik. Setelah pemeriksaan 1x24 jam, Rey Utami dan Pablo Benua langsung ditetapkan sebagai tersangka.

Begitu juga dengan Galih Ginanjar yang sudah diperiksa pada Jumat (10/7) lalu. Galih lalu ditangkap di sebuah hotel di kawasan Kuningan, Jaksel pada Kamis (11/7).




[Gambas:Video 20detik]


Heboh Video Rendahkan Perempuan, Trio 'Ikan Asin' Masuk Tahanan


Simak Video "12 Jam Diperiksa, Barbie Kumalasari Dicecar 39 Pertanyaan Penyidik"
[Gambas:Video 20detik]

(mei/mei)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com