detikNews
2019/07/12 21:06:29 WIB

Round-Up

Ikan hingga Kepiting di Suap Gubernur Kepri

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 2
Ikan hingga Kepiting di Suap Gubernur Kepri Gubernur Kepulauan Riau Nurdin Basirun (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Ada ikan hingga kepiting dalam suap Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Nurdin Basirun. Jenis-jenis binatang laut itu rupanya digunakan sebagai kode atau sandi dalam transaksi suap kasus izin reklamasi di Tanjung Piayu, Kepri.

Kasus suap izin reklamasi itu mulanya terbongkar atas adanya informasi penyerahan uang di Pelabuhan Sri Bintan Tanjung Pinang. Dari informasi itu, KPK berhasil mengamankan seorang swasta bernama Abu Bakar dan Kepala Bidang Perikanan Tangkap DKP Pemprov Kepri Budi Hartono. Beberapa jam berikutnya, Nurdin pun dicokok hingga kini menyandang status tersangka suap.



Dalam pemeriksaan oleh penyidik KPK, kode rahasia itu terungkap. Adanya kode rahasia itu kemudian disampaikan oleh Kabiro Humas KPK Febri Diansyah pada Jumat (12/7/2019). Febri mengatakan KPK saat ini tengah mempelajari kode yang dipergunakan dalam kasus yang menjerat Nurdin dkk itu.

"Tim KPK mencermati sejumlah penggunaan kata sandi yang kami duga merupakan cara kamuflase untuk menutupi transaksi yang dilakukan," ujar Febri.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed