Tata Cara dan Niat Sholat Tahajud yang Dianjurkan

Fithria Pratiwi - detikNews
Jumat, 12 Jul 2019 18:24 WIB
Tata Cara dan Niat Sholat Tahajud yang Dianjurkan/Foto: Hasan Alhabshy
Jakarta - Sholat tahajud adalah sholat sunah yang dilakukan pada waktu malam hari. Tata cara sholatnya sama seperti sholat sunah pada umumnya, hanya saja niatnya berbeda.

Sholat tahajud dianggap sebagai ibadah sholat sunah yang istimewa. Sholat sunah tidak wajib dikerjakan dan tidak mendapatkan dosa jika ditingaalkan. Namun di dalam Alquran dikatakan, menjalankan sholat ini akan diangkat ke tempat yang terpuji di mata Allah.



Tata Cara Melakukan Sholat Tahajud

1. Waktu sholat ini bisa dilakukan setelah Isya hingga masuknya waktu Subuh. Waktu melakukan sholat tahajud disarankan setelah terbangun dari tidur di sepertiga malam terakhir yang artinya tengah malam hingga masuknya waktu subuh. Melakukan sholat tahajud disepertiga malam dipercaya doa dan keinginan akan diijabah Allah.

2. Sholat tahajud dikerjakan 2 rakaat dengan jumlah tidak terbatas. Jika ingin mengikuti kebiasaan Rasulullah SAW, lakukan sholat 2 rakaat sebanyak 4 kali dan ditutupi sholat witir sebanyak 3 rakaat. Sholat witir merupakan sholat sunah yang menjadi penutup sholat pada hari itu.

3. Sebelum mengerjakan sholat tahajud, bacalah niat sholat tahajud berikut ini:

اُصَلِّى سُنَّةً التَّهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى

"Ushallii sunnatan tahajjudi rak'ataini mustaqbilal qiblati lillahi ta'alla."

Artinya: "Aku niat sholat sunat tahajud 2 rakaat, menghadap kiblat, karena Allah Ta'ala."



4. Setelah membaca niat sholat tahajud, lakukan sholat 2 rakaat dengan 2 kali sujud dan 1 kali salam. Kemudian lakukan pengulangan sholat 2 rakaat jika ingin mengikuti kebiasaan Rasulullah SAW.

5. Zikir dan doa. Tidak ada kewajiban untuk membaca doa tertentu setelah menjalankan sholat tahajud. Lakukanlah zikir dan doa untuk berserah diri kepada Allah SWT dan memohon ampunan dan petunjuk-Nya.

Banyak orang yang melakukan sholat tahajud untuk berdoa memohon akan sesuatu kepada Allah SWT. Sholat tahajud juga diyakini dapat dimudahkan segala urusan dan penghapus dosa yang mujarab. Ada banyak khasiat lainnya yang bisa dirasakan dengan melakukan sholat sunah ini.

Demikianlah pembahasan dari niat sholat tahajud hingga waktu dan jumlah rakaat yang dianjurkan. Lakukanlah sholat malam ini setiap hari dan rasakan khasiat dengan melakukannya.



Simak Video "Jadwal Pemberlakuan Ganjil Genap di Kawasan Wisata Cipanas"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/nwy)