detikNews
Kamis 11 Juli 2019, 16:47 WIB

Pengungsian Diubah dari JIC ke Kalideres karena Pencari Suaka Makin Banyak

Arief Ikhsanudin - detikNews
Pengungsian Diubah dari JIC ke Kalideres karena Pencari Suaka Makin Banyak Lokasi penampungan para pencari suaka asal Timur Tengah di Kalideres (M Alfons/detikcom)
Jakarta - Pencari suaka awalnya akan dipindah ke Jakarta Islamic Center (JIC) Jakarta Utara, namun pada akhirnya dipindah ke lahan eks Kodim Jakarta Barat di Kalideres. Jumlah pencari suaka menjadi pertimbangan pengubahan lokasi itu.

"Tadinya kan mau ke Jakarta Islamic Center, tapi karena makin lama makin membanyak akhirnya ditempatkan di eks Kodim, Jakarta Barat, di Kalideres," ucap Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi kepada wartawan di Kantor UNHCR, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Kamis (11/7/2019).


Prasetio, akrab disapa Pras, tidak memiliki data pasti, tapi disebut ada lebih dari 300 orang. Sehingga perlu lokasi yang lebih luas.

"Sekarang katanya 300 lebih. kemarin hanya 250 orang. (Lokasinya) besar, layak tinggal sementara di situ," ucap Pras.


Para pencari suaka dibawa ke Kalideres menggunakan busPara pencari suaka dibawa ke Kalideres menggunakan bus (Foto: Rolando/detikcom)

Setelah dipindahkan, mereka dilarang kembali ke Jalan Kebon Sirih. Lokasi perkotaan dan dekat Istana Negara menjadi alasan pelarangan itu.

"Nah hari ini kita mau membantu mereka kita pindahkan, masalah mereka meminta suaka politik terhadap UNHCR itu urusan mereka dengan pihak itu. Tapi tidak boleh ada istilahnya orang yang tidur di pelataran, apalagi ini daerah ring 1, daerah perkantoran, pemerintahan," ucap Pras.


Pras meminta kepada petugas untuk mengangkut semua pencari suaka dalam satu hari. Besok, tidak ada lagi pencari suaka yang tidur dan duduk di trotoar.

"Hari ini, kita harus bersihkan," kata Pras.



Simak Juga 'Nestapa Para Pelarian Perang, Hidup dari Belas Kasih di Trotoar':

[Gambas:Video 20detik]



Simak Video "Warga Tolak Imigran, Anies Minta Solusi Permanen Pemerintah Pusat"
[Gambas:Video 20detik]

(aik/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed