Ini Cara Buat Kartu Identitas Anak, Mudah dan Cepat!

Puti Yasmin - detikNews
Kamis, 11 Jul 2019 16:35 WIB
Ini Cara Buat Kartu Identitas Anak, Mudah dan Cepat!/Foto: Sudirman Wamad
Jakarta - Kartu Identitas Anak (KIA) adalah bukti identitas anak di bawah usia 17 tahun. Cara membuat Kartu Identitas Anak mudah. Bagaimana caranya?

Pemerintah melalui Kementerian Dalam Negeri mendorong pembuatan Kartu Identitas Anak. Hal tersebut sebagai ganti dari Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang baru bisa dimiliki seseorang di usia 17 tahun.

Aturan tersebut tertuang dalam Permendagri Nomor 2 Tahun 2016 tentang Kartu Identitas Anak. Saat ini, Kartu Identitas Anak terdiri dari dua jenis, yakni untuk anak usia 0-5 tahun dan 5-17 tahun.



Lantas, perlukah Kartu Identitas Anak? Menurut Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo Kartu Identitas Anak wajib dimiliki dan diurus oleh setiap orang tua yang memiliki anak.

Hal itu dilakukan agar anak memiliki pendataan, perlindungan, dan pelayanan publik. Selain itu sebagai upaya memberikan perlindungan dan pemenuhan hak konstitusional warga negara.

Nah, berikut cara membuat Kartu Identitas Anak dikutip dari Permendagri:

1. Persyaratan

Bagi anak warga Negara Indonesia (WNI) yang baru lahir, Kartu Identitas Anak akan diterbitkan bersamaan dengan akta kelahiran. Sedangkan untuk anak WNI yang belum berusia 5 tahun dan belum memiliki Kartu Identitas Anak harus memenuhi persyaratan atau formulir sebagai berikut:

-Fotocopy kutipan akta kelahiran dan menunjukkan kutipan akta kelahiran aslinya
-KK asli orang tua atau wali
-KTP asli kedua orang tua atau wali

Sedangkan, bagi anak WNI yang telah berusia 5 tahun tetapi belum memiliki Kartu Identitas Anak harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:

-Fotocopy kutipan akta kelahiran dan menunjukkan kutipan akta kelahiran aslinya
-KK asli orang tua atau wali
-KTP asli kedua orang tua atau wali
-Pas foto anak berwarna 2 x 3 sebanyak dua lembar

Sementara, untuk anak Warga Negara Asing (WNA) yang tinggal di Indonesia juga bisa mendapatkan Kartu Identitas Anak dengan memenuhi persyaratan:

-Fotocopy paspor dan izin tinggal tetapi
-KK asli orang tua atau wali
-KTP elektronik asli kedua orang tua

2. Pendaftaran Kartu Identitas

Langkah pembuatan Kartu Identitas Anak dilakukan dengan menyerahkan persyaratan yang telah dipenuhi kepada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) di wilayahnya masing-masing. Setelah itu, Kepala Dinas akan menandatangani dan menerbitkan Kartu Identitas Anak.

Pembuatannya disebut hanya akan memakan waktu kurang dari satu hari. Kartu tersebut akan diberikan di kantor dinas Dukcapil atau kecamatan atau desa/kelurahan.


Dukcapil juga dapat menerbitkan Kartu Identitas Anak dalam pelayanan keliling dengan cara jemput bola di sekolah-sekolah, rumah sakit, taman bacaan, tempat hiburan anak-anak, dan tempat layanan lainnya agar cakupan kepemilikan Kartu Identitas Anak dapat maksimal.

Gambaran Kartu Identitas Anak akan bertuliskan Kartu Identitas Anak Republik Indonesia berisikan spesifikasi blangko serta fomulasi kalimat khusus. Ayo segera bikin Kartu Identitas Anak!

Simak Video "Sudah Punya Kartu Identitas Anak? Ini Manfaatnya"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/nwy)