Lanjut ke AS, Anies Hadiri Acara USINDO di Washington DC

Andhika Prasetia - detikNews
Kamis, 11 Jul 2019 16:20 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta - Usai dari Kolombia, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan kunjungan ke Amerika Serikat (AS) selama 5 hari. Di Negeri Paman Sam, Anies akan menghadiri United States-Indonesia Society (USINDO).

Berdasarkan surat yang diterima dari Kemendagri, Mendagri Tjahjo Kumolo melaporkan serangkaian kegiatan Anies selama berada di Benua Amerika kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dilaporkan bahwa Anies menghadiri acara USINDO di Washington, DC, pada 13-17 Juli 2019.


Surat tersebut disampaikan Tjahjo kepada Jokowi per 14 Juni 2019. Kegiatan Anies di AS menggunakan biaya APBD DKI tahun anggaran 2019.

"Sudah ada (izinnya)," kata Kepala Pusat Penerangan Kemendagri Bahtiar saat dimintai konfirmasi, Kamis (11/7/2019).


Sebelum ke AS, Anies berada di Kolombia untuk menghadiri World Cities Summit Mayors Forum (WCSMF). Anies menghadiri acara WCSMF pada 7-12 Juli 2019.

Terkait kunjungan Anies ke luar negeri, Tjahjo mengatakan selalu memberikan izin kepada kepala negara atau anggota DPRD yang hendak ke luar negeri dalam rangka kunjungan kerja. Dia menyebut tidak ada masalah jika izin yang diajukan jelas.

"Kami memberikan izin pada setiap kepala daerah gubernur bupati maupun wakil dan DPRD sepanjang izin itu dalam rangka undangan negara sahabat atau dalam rangka studi banding. Nggak ada masalah untuk saya," kata Tjahjo kepada wartawan di Lapangan Monas, Jakarta Pusat, Rabu (10/7).


Simak Juga 'Di Depan Menkes, Anies Pamer Kartu Jakarta Lansia':

[Gambas:Video 20detik]



Simak Video "Berikut 8 Tokoh Pemimpin Alternatif Versi Survei KedaiKOPI"
[Gambas:Video 20detik]
(dkp/imk)