detikNews
Kamis 11 Juli 2019, 14:55 WIB

WN Malaysia Rampok 6 Kg Emas di Tangerang demi Pergi ke Jepang

Mei Amelia R - detikNews
WN Malaysia Rampok 6 Kg Emas di Tangerang demi Pergi ke Jepang Kapolres Kota Tangerang Kombes Sabilul Alif (Foto: Dok. Istimewa)
Jakarta - Polisi menyebut warga negara Malaysia berinisial MNFR (26) merampok 6 kg emas di Balaraja, Tangerang, Banten, untuk pergi ke Jepang. MNFR merampok toko emas bersama tersangka lain yang juga WN Malaysia berinisial MNI (24).

"MNFR memiliki keinginan bekerja di Jepang, namun tidak memiliki cukup uang untuk bertolak ke Jepang. MNFR kemudian merencanakan melakukan perampokan toko emas," kata Kapolres Kota Tangerang Kombes Sabilul Alif kepada wartawan, Kamis (11/7/2019).

MNFR, menurut polisi, lebih dulu mempelajari perampokan toko emas lewat video di YouTube. Niat perampokan ini diceritakan MNFR kepada temannya berinisial MS. Dari sini, MNFR dikenalkan dengan tersangka MNI.





"Setelah berdiskusi, MNI sepakat mengikuti MNFR merampok toko emas asalkan segala biaya perjalanan ditanggung MNFR," ujar Sabilul.

"MNFR mengaku tidak memiliki alasan spesifik kenapa beraksi di Indonesia. Dia hanya mengatakan hobi berjalan-jalan. Adapun motifnya, karena ingin menambah biaya perjalanan ke Jepang," imbuh Sabilul.




Sebelum beraksi di toko emas Permata pada Sabtu (15/6), kedua pelaku juga merampok uang di SPBU Kampung Gelebeg, Balajara. Pelaku, menurut Sabilul, menodongkan benda berbentuk senjata api--yang belakangan diketahui korek api--ke karyawan SPBU.

Setelah itu, pelaku mengambil uang Rp 4.693.000 dari tas pinggang karyawan SPBU. Setelah merampok uang SPBU dan toko emas, kedua pelaku melarikan diri ke Malaysia.

"Mengingat keduanya merupakan warga negara Malaysia dan juga melarikan diri ke negara asalnya, maka tentu berlaku ketentuan-ketentuan diplomatik. Ketentuan itu tentu harus dihormati sebagai bentuk penghargaan atas kedaulatan dan yurisdiksi suatu negara," kata Sabilul.


Rekaman CCTV Perampok Bersenpi Gondol 6 Kg Emas di Tangerang:

[Gambas:Video 20detik]



Simak Video "Pukul Majikan Pakai Pipa, Sopir Gasak Puluhan Juta"
[Gambas:Video 20detik]

(fdn/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com