detikNews
Kamis 11 Juli 2019, 05:51 WIB

Ratna Sarumpaet Jalani Sidang Vonis Hari Ini

Yulida Medistiara - detikNews
Ratna Sarumpaet Jalani Sidang Vonis Hari Ini Ratna Sarumpaet (Foto: Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta - Nasib Ratna Sarumpaet dalam kasus hoax penganiayaan akan ditentukan majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel) hari ini. Ratna akan menjalani sidang pembacaan putusan pagi ini.

"Ada sidang Bu RS dengan agenda putusan," kata pengacara Ratna, Desmihardi, saat dihubungi, Kamis (11/7/2019).


Desmihardi berharap majelis hakim mempertimbangkan pleidoi yang disampaikan pihak kuasa hukum ataupun yang diajukan Ratna pribadi. Dia juga berharap hakim sependapat dengan pihaknya dengan menilai dakwaan yang dituduhkan pada kliennya tidak terbukti.

"Majelis hakim benar-benar mendasarkan putusannya pada fakta persidangan dan keyakinan hakim yang didapat dari fakta persidangan bahwa keonaran sesuai dakwaan JPU tidak pernah terjadi dan tidak terbukti," ujar Desmihardi.


Sementara itu, Koordinator JPU, Daroe, berharap majelis hakim menjatuhkan vonis terhadap Ratna sesuai dengan tuntutan jaksa, yakni 6 tahun penjara. Ia meyakini Ratna terbukti bersalah melakukan tindak pidana sesuai dengan yang dituduhkan.

"Kami berharap majelis hakim memutuskan seperti tuntutan JPU, yaitu terdakwa dinyatakan terbukti bersalah melakukan tindak pidana seperti dalam Pasal 14 ayat 1 UU No 1 Tahun 1946. Selanjutnya dijatuhi hukuman pidana penjara seperti dalam requisitoir kami," ujar Daroe.

Ratna Sarumpaet dituntut 6 tahun penjara karena membuat keonaran lewat hoax penganiayaan. Ratna dituntut dengan pidana yang diatur dalam Pasal 14 ayat 1 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana.


Simak Video "Babak Akhir Kasus Hoax, Ratna Sarumpaet Akan Divonis 11 Juli"

[Gambas:Video 20detik]



Simak Video "Dampingi Ratna Sarumpaet Hadapi Putusan, Ini Harapan Atiqah Hasiholan"
[Gambas:Video 20detik]

(yld/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com