detikNews
Rabu 10 Juli 2019, 21:45 WIB

Di Bekasi, Ada Polsubsektor yang Dijaga Polwan Selama 24 Jam

Isal Mawardi - detikNews
Di Bekasi, Ada Polsubsektor yang Dijaga Polwan Selama 24 Jam Foto: Isal Mawardi/detikcom
Bekasi - Sejumlah polsubsektor di Kota Bekasi dijaga oleh Polwan selama 24 jam penuh. Para Polwan tersebut juga dilibatkan dalam patroli.

Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Indarto mengatakan ada 15 Polwan yang menjaga 2 polsubsektor, yakni Polsubsektor Pekayon dan Mekarsari. Kelima belas Polwan itu dibagi menjadi tiga shift kerja.

"Jadi (setiap shift) 5-5 mereka 24 jam jaganya," kata Kombes Indarto di Alun-alun Kota Bekasi, Jalan Pramuka, Kota Bekasi, Rabu (10/7/2019).

Di Polsubsektor itu, para Polwan tersebut siap menerima aduan dari masyarakat. Pengaduan hanya dibuka sampai pukul 22.00 WIB.

"Di atas jam 12 malam, kami akan libatkan patroli Polsek untuk perkuatan keamanan di sana," imbuh Indarto.



Terobosan ini membuat Polres Metro Bekasi mendapatkan rekor Muri bertepatan dengan HUT Bhayangkara ke-73. Selain penjagaan Polwan, Polres Metro Bekasi Kota juga mendapatkan rekor Muri atas pelayanan SIM dan SKCK 24 jam.

"Kami menerima penghargaan Muri untuk dua hal. Pertama terkait pelayanan 24 jam kami yang dilakukan terus-menerus, sudah satu tahun pelayanan SIM dan SKCK. Lalu kita mendapatkan Muri unik polsubsektor, yang mengawasi Polwan, selama 24 jam," kata Indarto

Untuk pelayanan SIM dan SKCK 24 jam, Indarto menyadari masih banyak kekurangan. Namun Polres Bekasi terus berbenah. Salah satu caranya menerapkan sistem antrean online.

"Terakhir kami memperbaiki dengan adanya antrean online. Kenapa? Awalnya tuh masyarakat datang, satu hari kita bisa layani 700 orang. Dia datang sama anak dan istrinya, antrean panjang, sehingga kemarin sudah 1 minggu ini kita menggunakan sistem antrean online. Dengan antrean online, masyarakat dibagi per jam. Kalau Anda nomor 51, berarti Anda jam 8," ujar Indarto.

Indarto mengklaim Polres Metro Bekasi Kota ialah satu-satunya polres yang menerapkan layanan pengurusan SIM dan SKCK 24 jam. Indarto menyebut sejumlah polres di berbagai daerah melakukan studi untuk meniru konsep pelayanan SIM dan SKCK 24 jam.

"Sampai sekarang untuk pelayanan 24 jam untuk SIM dan SKCK satu-satunya (di Indonesia). Sudah ada kawan-kawan polres lainnya yang studi tiru ke kami mau mencontoh. Mudah-mudahan kawan-kawan yang lain bisa melakukan itu. (Mereka) kawan-kawan dari Papua dan Sumatera yang sudah meminta konsep kami," ujar Indarto.




Simak Video "Kiprah Polwan, Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]

(isa/mea)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com