Banyak Anggota Dewan Tak Masuk, DPRD Tunda Rapim Tatib Pemilihan Wagub DKI

Banyak Anggota Dewan Tak Masuk, DPRD Tunda Rapim Tatib Pemilihan Wagub DKI

Zunita Putri - detikNews
Rabu, 10 Jul 2019 16:06 WIB
Foto: Gedung DPRD DKI Jakarta. (Ari Saputra-detikcom)
Foto: Gedung DPRD DKI Jakarta. (Ari Saputra-detikcom)
Jakarta - DPRD menunda rapat pimpinan gabungan (Rapimgab) pembahasan tata tertib (tatib) pemilihan wakil gubernur (wagub) DKI Jakarta. Alasannya, banyak dewan yang tidak ada di tempat.

"Ketua meminta waktu untuk Rapimgab, tapi karena teknis banget, ditunda hari Senin," ujar Wakil Ketua Pansus, Bestari Barus di gedung DPRD, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Rabu (10/7/2019).
Bestari mengatakan Rapimgab yang sedianya digelar hari ini ditunda menjadi Senin (15/7) pukul 13.00 WIB di DPRD. Bestari mengatakan salah satu alasan ditunda Rapimgab karena dewan banyak yang tidak masuk.

"(Alasannya) Ya banyak yang lagi nggak di tempat fraksi-fraksi, gitu," katanya.
Sebelumnya, Pansus Wagub DKI telah menggelar rapat finalisasi tatib kemarin (9/7). Hasilnya, beberapa poin telah disepakati seperti kuorum 50 persen plus satu dan kehadiran fisik anggota dewan menjadi syarat utama.

Namun, kesepakatan itu, masih ada perdebatan di dalam forum. Hasil finalisasi itu, masih perlu dibahas lagi di Rapimgab untuk mengesahkan tatib dan pembentukan panitia pemilihan (Panlih) Wagub. Setelah pembentukan Panlih dan penetapan kuorum, baru bisa terlaksana proses pemilihan Wagub.



Simak Video "Syaikhu Sebut Gerindra Tak Punya Etika Politik, Sandi: Bolanya di PKS"
[Gambas:Video 20detik]
(zap/idh)