Aktor Intelektual Teror Novel Disebut Bisa Terungkap, Ini Kata TGPF Polri

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Rabu, 10 Jul 2019 09:06 WIB
Foto: Hermawan Sulistyo (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Komnas HAM menyebut aktor intelektual kasus teror air keras terhadap penyidik KPK Novel Baswedan bisa terungkap asalkan Kapolri Jenderal Tito Karnavian berkomitmen menindaklanjutinya. Tim gabungan pencari fakta (TGPF) bentukan Kapolri mengaku belum bisa membeberkan hasil investigasinya dan meminta waktu sampai pekan depan.

"Laporan itu nanti baru akan konferensi pers minggu depan, karena kita serahkan ke Kapolri baru tadi, kita kasih waktu Kapolri untuk membaca, untuk mempelajari, beliau minta waktu satu minggu, jadi satu minggu lagi kita konferensi pers bersama," kata anggota tim gabungan, Hermawan Sulistyo, kepada wartawan, Selasa (10/7/2019).



Terkait pernyataan Komnas HAM yang menyebut tim gabungan menemukan perkembangan signifikan terkait kasus Novel, Hermawan enggan membeberkannya. Menurut dia, itu sudah masuk dalam materi perkara.

"Karena itu sudah masuk dalam materi perkara, nggak bisa dong," ujar dia.



Sebelumnya, komisioner Komnas HAM bidang Pengkajian dan Penelitian, Choirul Anam, menyebut Komnas HAM dan tim gabungan punya kecocokan soal sosok yang diduga berkaitan dengan peristiwa serangan terhadap Novel.

Anam mengatakan aktof intelektual penyerangan Novel bisa terungkap. Hal itu tergantung pada komitmen Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

"Kami dikasih tahu ada perkembangan signifikan dalam konteks pengungkapan siapa-siapa pelaku-pelaku yang melakukan kejahatan di Novel. Itu sekitar 2-3 bulan yang lalu. Di perkembangan ini yang kami lihat adalah ada beberapa orang yang di lapangan yang juga ditemukan oleh Komnas HAM yang kami nyatakan itu sebagai orang asing menemukan jejak yang terang sampai level di atasnya," kata Anam di kantornya, Jl Latuharhary, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (9/7/2019).



Sementara itu, Polri menyebut ada temuan menarik dari laporan yang disampaikan tim gabungan. Kapolri masih mengkaji laporan tim gabungan tersebut.

"Semua laporan sudah di Bapak Kapolri. Beliau akan mempelajari seperti apa yang disampaikan oleh Pak Nurcholis dan Pak Hendardi, tadi ada temuan progres dari tim pakar. Ini temuan yang menarik. Akan kami sampaikan juga itu pada sesi konferensi pers paling lambat minggu depan," kata Kadiv Humas Polri Irjen M Iqbal di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan.


Siapa 4 'Orang Asing' di Kasus Penyerangan Novel? Simak Videonya:

[Gambas:Video 20detik]

Aktor Intelektual Teror Novel Disebut Bisa Terungkap, Ini Kata TGPF Polri


Simak Video "KPK Minta Novel Baswedan Buktikan soal 'Orang Dalam' Azis Syamsuddin"
[Gambas:Video 20detik]
(knv/aik)