Pemprov DKI Akan Berikan Dana Bantuan Revitalisasi Transportasi Jak Lingko

Zunita Putri - detikNews
Selasa, 09 Jul 2019 15:50 WIB
Foto: Jak Lingko. (Pradita Utama-detikcom)
Jakarta - Pemprov DKI Jakarta berencana akan mendanai revitalisasi transportasi yang tergabung dalam program Jak Lingko. Kepala Dinas Perhubungan DKI, Syafrin Liputo mengatakan pihaknya akan memfasilitasi kebutuhan terkait revitalisasi transportasi ini.

"Misalnya mereka kan kesulitan pendanaan dan lainnya. Kita akan coba carikan pembiayaan untuk itu," kata Syafrin di Gedung DPRD DKI, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Selasa (9/7/2019).


Menurut Syafrin, revitalisasi trayek dan armada diperlukan agar program Jak Lingko bisa efisien. Dia mencontohkan revitalisasi trayek itu seperti melakukan pergantian rute (re-routing) hingga mengganti kendaraan Jak Lingko yang tak laik jalan.

"Dalam revitalisasi angkutan ini itu ada re-routing, kemudian kedua ada replacement penggantian armada. Tentu armada yang sudah nggak laik jalan, kita dorong diremajakan," kata Syafrin.

Terkait nominal anggaran yang akan disiapkan Pemprov, Syafrin mengaku masih belum mengetahui jumlah dan jenis armada yang perlu direvitalisasi. Dia akan bertemu dengan PT TransJakarta terlebih dahulu.


Untuk batas waktu pemakaian kendaraan umum, dia mengatakan akan mengacu pada Peraturan Daerah DKI Nomor 5 Tahun 2014 tentang Transportasi. Batas pemakaiannya yakni 10 tahun.

"Sebenarnya dalam Perda 4 Tahun 2015, sudah ada pembatasan usia di Jakarta 10 tahun. Saya akan dorong untuk segera bisa diimplemtasikan, tapi dalam konteks bahwa operator angkatan umum yang ada, mereka terbantu untuk meremajakan," jelasnya.

Simak Video "Lewat Jak Lingko, Pemprov DKI Pede Bisa Perbaiki Kualitas Udara"
[Gambas:Video 20detik]
(zap/idh)