detikNews
Selasa 09 Juli 2019, 13:59 WIB

Viral Metromini Hadang TransJakarta, Kadishub DKI Giatkan Penertiban

Zunita Putri - detikNews
Viral Metromini Hadang TransJakarta, Kadishub DKI Giatkan Penertiban Ilustrasi Metromini (Pradita Utama/detikcom)
Jakarta - Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo memerintahkan bawahannya lebih giat melakukan penertiban. Tindakan itu dilakukan Syafrin menyusul beredarnya video di media sosial yang menunjukkan penghadangan bus Metromini terhadap bus TransJakarta.

"Terhadap kondisi ini, kita terus menggiatkan penertiban karena kita harapkan bahwa seluruh operator angkutan itu melayani angkutan atau rutenya sesuai dengan yang telah ditetapkan," kata Syafrin saat ditemui di gedung DPRD DKI, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Selasa (9/7/2019).

"Akan ada kita perkuat petugas di lapangan sehingga kebiasaan mereka ugal-ugalan dan di titik sama itu terjadi kita bisa minimalisir dan kita hindari," imbuh Syafrin.
Video penghadangan itu viral sejak Senin, 8 Juli, kemarin. Diketahui, Metromini dan TransJakarta di dalam video itu memiliki rute yang sama, yaitu Pasar Minggu-Tanah Abang. Syarif mengatakan rute yang sama tersebut akan disinergikan dengan program Jak Lingko.

Viral Metromini Hadang TransJakarta, Kadishub DKI Giatkan Penertiban
Kadishub DKI Jakarta Syafrin Liputo (Zunita Amalia Putri/detikcom)




"Ke depan, seiring programnya Pak Gubernur, untuk optimalisasi Jak Lingko, kita akan sinergikan seluruh jaringan layanan ada. Kita ketahui ada TJ (TransJakarta) yang jadi backbone angkutan jalan, kemudian kita harap trayek sistem reguler, seperti Kopaja, Metromini, kemudian angkot-angkot. Itu jadi feeder-nya," tutur Syafrin.

Sebelumnya, Kepala Humas TransJakarta Wibowo sempat berkomentar mengenai video yang viral itu. Wibowo menyebut Metromini itu 2 kali menghadang TransJakarta.

"Dari arah Pasar Minggu tiba-tiba ada Metromini 640 jurusan Pasar Minggu-Tanah Abang, dengan nomor pelat B-7094-NP yang mepet ke armada (TransJ) 693 tanpa alasan yang jelas dan berlanjut sampai sebelum halte/bus stop Balai Kartini, tepatnya di gedung Patra Jasa arah Pasar Minggu," kata Wibowo dalam keterangannya, Senin (8/7).

Simak Video "Heboh Video Metromini Hadang TransJakarta "
[Gambas:Video 20detik]

(zap/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com