detikNews
2019/07/09 08:05:45 WIB

Round-Up

Anies ke Luar Negeri, Lagi

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 2
Anies ke Luar Negeri, Lagi Anies Baswedan (Foto: Rifkianto Nugroho)
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali melakukan lawatan ke luar negeri. Kali ini Anies akan menghadiri pertemuan pemimpin-pemimpin kota dunia di Medellin, Kolombia.

Anies akan bertolak ke Kolombia, Selasa (9/7) malam. Dia akan berada di luar negeri selama satu minggu.

"Besok malam, di sana saya kembali tanggal 16 (Juli)," kata Anies kepada wartawan di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Senin (8/7/2019).



Menurut Anies, Sekda Saefullah akan menjadi pelaksana harian (Plh) selama dirinya di Kolombia. Namun, Anies belum menjelaskan materi pertemuan yang akan dihadiri.

"Nanti saya kasih detailnya. Saya akan bicara di sana. Ini undangan," ucap Anies.

Selama menjabat sebagai gubernur, Anies relatif sering melakukan kunjungan ke luar negeri. Mayoritas acara yang dihadiri Anies yaitu terkait pertemuan antarkota di dunia.

Sebelum Kolombia, berikut negara-negara yang dikunjungi Anies:

1. Anies Diundang ke Maroko dan Turki 16-22 April 2018

Anies melakukan kerja sama sister city dengan Maroko dan Istanbul. Anies diundang sebagai tokoh untuk berbicara terkait persoalan air.

"Kegiatan di sana itu dengan masalah air dan sebagai pembicara satu sesi. Jadi Istanbul ada rencana sister city kita peninjauan dengan wali kota bicara water management dan pertemuan dengan dinas sosial terkait masalah PKL," kata kata Kepala Biro Kepala Daerah dan Kerja Sama Luar Negeri DKI Jakarta, Muhammad Mawardi, saat dihubungi, Senin (16/4/2018).



Dalam lawatannya itu, Anies didampingi Dian Ekowati yang saat itu menjabat sebagai Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi.

2. Anies Jadi Pembicara di Annual Global Conference 2018 di AS

Anies terbang ke Los Angeles, Amerika Serikat. Dia menjadi pembicara dalam konferensi global.

Anies menghadiri agenda yang digelar Milken Institute bertemakan 'ASEAN: Growth in The Next Ten Years' pada Minggu, 29 April 2018. Anies bertolak dari Jakarta, Sabtu (28/4) dan pulang ke Tanah Air, Kamis (3/5).



Mawardi mengatakan konferensi tersebut mengangkat isu ekonomi, kesehatan, dan pemerintahan. Anies, menurut Mawardi, ditunjuk menjadi pembicara.

"Konferensi global mengangkat isu seperti pasar finansial, industri, kesehatan, dan pemerintahan. Pak Gubernur itu salah satu pembicara dalam konferensi global itu," jelasnya.

Anies juga bertemu dengan Wali Kota Los Angeles. Menurut Mawardi, salah satu agenda yang akan diangkat adalah sister city.

"Kita sudah korespondensi dengan KBRI di LA untuk meningkatkan kerja sama sister city. Dan kita harap ada kunjungan gubernur dan diagendakan dengan Wali Kota LA," paparnya.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com