detikNews
Senin 08 Juli 2019, 19:22 WIB

Minahasa Selatan Berguru ke Serang soal Badan Perkreditan Rakyat

Alfi Kholisdinuka - detikNews
Minahasa Selatan Berguru ke Serang soal Badan Perkreditan Rakyat Foto: dok. Pemkab Serang
Jakarta - Bupati Minahasa Selatan (Minsel) Christiany Eugenia Tetty Paruntu melakukan kunjungan kerja ke Pemerintah Kabupaten Serang. Bupati perempuan asal Provinsi Sulawesi Utara tersebut disambut Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah beserta sejumlah pejabat Pemkab Serang di pendapa Bupati Serang.

Baik Christiany maupun Tatu sama-sama memaparkan kondisi dan potensi daerah masing-masing. Tidak banyak yang berbeda, Kabupaten Serang maupun Minsel punya potensi kelautan, perikanan, perkebunan, dan pertanian yang melimpah.

Saat pemaparan, Christiany mengatakan mendapatkan banyak sumber tentang kemajuan Kabupaten Serang dari internet. Salah satunya, Bupati Ratu Tatu Chasanah dinilai berprestasi dan sukses membina BUMD sehingga pernah mendapat penghargaan sebagai Top Pembina BUMD 2019 dari majalah Top Business pada April lalu.

"Salah satunya, kami ingin belajar tentang BPR, yang sudah mendapatkan penghargaan. Ini yang kami ingin menggali lebih lanjut," kata Christiany dalam keterangan tertulis, Senin (8/7/2019).


Ia mengungkapkan belum mempunyai BUMD yang bergerak di bidang keuangan maupun badan perkreditan rakyat (BPR).

"Kami ingin sesuatu yang baru. Mungkin nanti kami bisa buka cabang BPR ke desa. Selama ini kami kerja sama dengan bank," ujarnya.

Christiany juga mengaku mendapatkan banyak pengetahuan serta saling berbagi ilmu dengan Tatu.

"Kabupaten Serang di bawah kepemimpinan Ibu Tatu sangat sukses. Ibu Bupati Serang ini srikandi yang luar biasa," ujarnya memuji.

Sementara itu, Tatu menyatakan seluruh pemerintah kabupaten yang tergabung dalam Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) punya semangat dan komitmen yang sama dalam memajukan daerah masing-masing.

"Kami punya potensi masing-masing daerah yang bagus. Kami saling bertukar ilmu dan pengalaman. Seperti kami Pemkab Serang pernah belajar ke Banyuwangi untuk dunia pariwisata," ujarnya.


Tatu berharap seluruh daerah yang tergabung dalam Apkasi bisa maju bersama untuk menciptakan kesejahteraan masyarakat.

"Kami di Apkasi saling support, saling menopang, saling mendukung, dan saling berbagi program. Kami berharap, seluruh kabupaten di Indonesia bisa bagus bersama-sama, terutama dalam pelayanan kepada masyarakat," pungkasnya.

Sebagai informasi, BPR Serang meraih prestasi di ajang yang dinobatkan sebagai Top CEO dan Top BPD KU II 2019. Capaian kinerja BPR Serang atau Bank Serang juga positif dengan laba yang terus meningkat setiap tahun. Pada 2016 tercatat laba sebelum pajak Rp 14,14 miliar, 2018 sebesar Rp 16,66 miliar, dan pada 2019 sebesar Rp 19,56 miliar.

Simak Video "Keseruan Festival Rebutan Kentang di Minahasa Selatan"
[Gambas:Video 20detik]

(prf/mpr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com