detikNews
Senin 08 Juli 2019, 19:22 WIB

Komnas Perempuan Sesalkan Pemprov Aceh Tolak Liga Sepakbola Putri

Zunita Putri - detikNews
Komnas Perempuan Sesalkan Pemprov Aceh Tolak Liga Sepakbola Putri Ilustrasi (Christof Koepsel/Getty Images)
Jakarta - Liga Kemenpora sepakbola putri yang berlangsung di Lhokseumawe mendapat kecaman dan penolakan dari berbagai pihak, termasuk Pemerintah Provinsi Aceh. Komnas Perempuan pun menyayangkan penolakan itu.

"Perda diskriminatif ini di antaranya yang pada akhirnya mengurangi hak konstitusional. Kalau pemda Aceh menghendaki sepakbola yang syariah, seperti apa yang diinginkan? Seharusnya bukan melarang, tapi memberikan infrastruktur, sehingga sepakbolanya betul-betul bisa menjamin hak konstitusional warga negaranya," ujar komisioner Subkomisi Reformasi Hukum dan Kebijakan Komnas Perempuan Sri Nurherwati di kantornya, Jalan Latuharhary, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (8/7/2019).



Sri mengatakan seharusnya Pemprov Aceh lebih bijaksana dalam melakukan pelarangan. Solusi, kata dia, juga harus dihadirkan jika melarang warganya, khususnya perempuan, bermain sepakbola.

"Terutama perempuan, bukan melarang, tapi memberikan infrastruktur yang memadai untuk perempuan sehingga tidak terkurangi hak-haknya terhadap pengembangan bakat, minat, dan itu kan kesehatan," katanya.

Seperti diketahui, kegiatan sepakbola putri telah berlangsung di Stadion PT PAG Lhokseumawe. Berdasarkan informasi yang dihimpun detikcom, Liga Kemenpora dilakukan secara berjenjang dan untuk Aceh digelar oleh Badan Liga Sepakbola Pelajar Indonesia (BLiSPI) Aceh.



Penyelenggaraan itu kemudian mendapat penolakan dari sejumlah pihak, di antaranya Forum Komunikasi Organisasi Masyarakat dan Organisasi Kepemudaan Pengawal Syariat Islam Kota Lhokseumawe, Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh, senator DPD RI asal Aceh, hingga Pemprov Aceh.

"Kita kan daerah syariat Islam. Dan tidak perlu memaksakan bahwa semua cabang olahraga harus ada di Aceh. Ada kearifan lokal di Aceh, terkait busana dan lain-lain," jelas Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Aceh Rahmad Raden saat dimintai konfirmasi detikcom.

Simak Video "Pelecehan Seksual Masih Kerap Ditemui di Transportasi Umum"
[Gambas:Video 20detik]

(zap/mae)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com