detikNews
Senin 08 Juli 2019, 16:41 WIB

Kasus Calo CPNS, Eks Bupati Raja Bonaran Situmeang Dibui 5 Tahun

Abdi Somat Hutabarat - detikNews
Kasus Calo CPNS, Eks Bupati Raja Bonaran Situmeang Dibui 5 Tahun Raja Bonaran Situmeang (rompi oranye) saat sidang di PN Sibolga. (Foto: Abdi Somat Hutabarat/detikcom)
Tapanuli - Mantan Bupati Tapanuli Tengah, Raja Bonaran Situmeang divonis 5 tahun penjara di kasus penipuan seleksi CPNS. Sebelumnya, ia dihukum 4 tahun penjara karena menyuap Ketua MK Akil Mochtar.

"Menjatuhkan pidana kepada terdakwa oleh karena itu dengan pidana penjara selama 5 tahun dan denda Rp 1 miliar dengan ketentuan apabila tidak dibayar diganti dengan pidana penjara selama 3 bulan," kata ketua majeli Maratua Sagala saat membacakan putusan dalam sidang yang digelar diruang sidang utama Cakra PN Sibolga, Senin (8/7/2019).

Majelis yang beranggotakan Obaja Sitorus dan Marolop itu menyatakan Raja Bonaran Situmeang terbukti dan meyakinkan bersalah melakukan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU), sebagaimana dalam dakwaan alternatif ketiga. Selain itu, majelis juga menetapkan masa penahanan yang telah dijalani terdakwa dikurangkan seluruhnya dengan pidana yang dijatuhkan.

Menanggapi vonis hakim tersebut, Bonaran Situmeang menyatakan pikir-pikir.

Hakim memberikan tenggat waktu selama 7 hari setelah vonis dibacakan, apabila Bonaran Situmeang menolak dengan melakukan upaya hukum banding.

Vonis yang dijatuhkan hakim terhadap Raja Bonaran Situmeang , sempat membuat puluhan massa yang hadir mengamuk dan menghadang mobil tahanan yang hendak membawa terdakwa ke Lapas Aibolga. Namun aksi itu diamankan petugas yang berjaga.



Simak Video "Atraksi Keren Flyboard Berlatar Kembang Api di Makassar"
[Gambas:Video 20detik]

(asp/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com