Anies Lantik Eks Pejabat Kemenhub Jadi Kepala Dinas Perhubungan DKI

Arief Ikhsanudin - detikNews
Senin, 08 Jul 2019 16:23 WIB
Foto: Syafrin Liputo (Arief Ikhsanudin/detikcom)
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memilih Syafrin Liputo sebagai Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta. Sebelum dilantik, Syafrin diketahui menjabat Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah Provinsi Bali dan NTB di Kementerian Perhubungan RI.

Syafrin Liputo mengisi jabatan Kadishub DKI setelah sebelumnya diisi oleh Sigit Wijatmoko selaku plt. Sigit sudah menjabat plt Kadishub sejak September 2018.

"Oh tidak ada rumus bahwa plt bakal menjadi pejabat definitif nggak ada. Jadi mitos itu hari ini dibuktikan bahwa itu hanya mitos," ucap Anies usai pelantikan, di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Barat, Senin (8/7/2019).


Kadishub menjadi salah satu posisi eselon II yang dilelang oleh Anies. Anies tidak memerinci alasan pemilihan tapi menyebut ada proses seleksi. Sigit kemudian menempati posisi semula yakni sebagai Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta.

"Semua prosesnya melalui seleksi, asesmen, ada tertulis, panitia dan kita mempertimbangkan sudah pengembangan karier dari seseorang. Artinya dalam proses baperjab (badan pertimbangan jabatan) mempertimbangkan semua faktor. Jadi sekarang kadis baru dan wakilnya (Sigit) tetap seperti sekarang," ucap Anies.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Daerah DKI Jakarta Chaidir, menyebut Sigit mendaftar lelang jabatan. Namun, dia mengatakan keputusan akhir tetap ada di Anies.

"Ikut lelang, masuk ke tiga besar, namun terakhirnya bukan nggak lulus, artinya ada pertimbangan-pertimbangan penilaian lebih lanjut gitu, ya memang masih dibutuhkan di wakil," ucap Chadiri.

"Beliau (Gubernur) perannya ketika kita sudah memasukkan tiga besar yang telah direkomendasi, beliau yang mau menentukan untuk siapa yang dipilih," ujar Chaidir.


Syafrin sendiri mengaku bukan orang baru di Dishub DKI Jakarta. Dia pernah di sana pada tahun 2000 sampai 2016.

"Saya di Dishub tahun 2000 sampai 2016 kemudian 2016 (Presiden) Pak Jokowi membentuk BPTJ Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek, saya kebetulan diminta untuk bergabung ke sana kemudian tahun 2017 saya gabung ke Ditjen Perhubungan Darat (Kementerian Perhubungan)," kata Syafrin ditemui terpisah.

Selanjutnya, Syafrin menyebut posisi terakhir dia Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah Provinsi Bali dan NTB pada 26 Juni 2019. Setelah itu, dia ikut lelang jabatan dan terpilih.

"Nah kemarin Januari saya pindah ke Balai Pengelolaan Transportasi Darat Provinsi NTT dan baru tanggal 26 kemarin saya pindah ke Balai Pengelola Transportasi Darat Provinsi Bali dan NTB jadi, ada dua, dan hari ini dipercaya oleh pak gubernur untuk mengemban amanah sebagai kadishub," ucap Syafrin.



Simak Juga 'Mengurus Kursi Wagub DKI yang Tak Putus-putus':

[Gambas:Video 20detik]



Simak Video "Anies: Akhir-akhir Ini Pemilihan Pemimpin Ujungnya Malah Polarisasi"
[Gambas:Video 20detik]
(aik/gbr)