detikNews
Senin 08 Juli 2019, 11:48 WIB

TKW Majalengka Dianiaya Majikan di Arab Saudi, Diduga Korban TPPO

Audrey Santoso - detikNews
TKW Majalengka Dianiaya Majikan di Arab Saudi, Diduga Korban TPPO Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo (Foto: Agung Pambudhy)
Jakarta - Tasini, tenaga kerja wanita (TKW) asal Majalengka, Jawa Barat, menjadi korban penganiayaan oleh majikannya di Arab Saudi. Tasini diduga menjadi korban tindak pidana perdagangan orang (TPPO).

"Dia diberangkatkan secara nonprosedural. Diduga T ini korban tindak pidana perdagangan orang dengan modusnya dikirim untuk dipekerjakan sebagai PRT (pembantu rumah tangga), tapi sampai sana tidak digaji, malahan disiksa majikannya di Arab Saudi," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo kepada detikcom di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (8/7/2019).



Tim Direktorat Tindak Pidana Umum Subdit TPPO Bareskrim Polri sudah menangkap dan menetapkan dua orang tersangka yaitu HM dan F. HM berperan sebagai perekrut Tasini, sementara F sebagai agen atau pemodal yang mengurus syarat administrasi keberangkatan korban.

"Tanggal 6 dan 7 Juli 2019 dilakukan penangkapan terhadap tersangka HM di Majalengka dan F di Cibitung," ucap Dedi.



Dedi menjelaskan kasus ini terungkap setelah tim mendapatkan informasi dari Kementerian Ketenagakerjaan. Tasini saat ini berada di RSUD Majalengka untuk mendapat perawatan. Dedi menyebut tubuh Tasini penuh luka.

"Penyelidikan berdasarkan informasi pemulangan korban dari Arab Saudi ke Indonesia pada 3 Juli 2019. Dia direkrut untuk ke Arab sudah dari Mei 2018," ujar Dedi.


Dalam kasus ini polisi menyita beberapa barang bukti di antaranya satu paspor atas nama Tasini, visa atas nama Tasini, tiket pesawat atas nama Tasini.

Tersangka HM dan F dijerat Pasal 4 UU Nomor 21 Tahun 2007 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) dan atau Pasal 81, Pasal 86 Undang-undang Nomor 18 Tahun 2017 tentang Pelindungan Pekerja Migran Indonesia.



Simak Video "21 Tahun Hilang, TKW Asal Cirebon Ditemukan di Pedalaman Saudi"
[Gambas:Video 20detik]

(aud/knv)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com