Halmahera Barat Aman dari Dampak Gempa M 7

Danu Damarjati - detikNews
Senin, 08 Jul 2019 09:13 WIB
Foto: Titik gempa M 7 di barat daya Ternate (Google Maps)
Jakarta - Gempa bermagnitudo 7 yang mengguncang Maluku Utara tak menimbulkan dampak kerusakan di kabupaten Halmahera Barat. Meski begitu, sebagian warga ada yang baru pulang dari pengungsian pada pagi ini.

"Kami semalam bersama-sama menyusuri desa sepanjang pantai. Kami pastikan tidak ada kerusakan dan korban jiwa," kata Kepala Bidang Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Halmahera Barat, Zainal Tomagola, kepada wartawan, Senin (8/7/2019).


Peringatan tsunami semalam membuat warga di pinggir pantai berduyun-duyun pergi ke tempat yang lebih tinggi. Kebanyakan warga mengungsi ke rumah kerabat yang berposisi lebih tinggi dan lebih jauh dari pantai.

"Sampai pagi ini, ada yang baru balik di pengungsian," kata Zainal.


Gempa M 7 terjadi Minggu pukul 22.08 WIB. Pusat gempa berada di laut dengan koordinat 0,54 LU-126,19 BT atau 133 kilometer arah barat daya Ternate.

BMKG mengeluarkan peringatan dini tsunami sejak gempa M 7 mengguncang Ternate, Maluku Utara pad Minggu (7/7) pukul 22.08 WIB. BMKG akhirnya menyampaikan informasi berakhirnya peringatan tsunami pada Senin (8/7) pukul 00.09 WIB.


Simak Video "Kepanikan Warga di Manado Akibat Gempa M 7 di Ternate"

[Gambas:Video 20detik]



Simak Video "Pascagempa di Ternate, BMKG Pantau Muka Air Laut"
[Gambas:Video 20detik]
(dnu/knv)