detikNews
Senin 08 Juli 2019, 03:28 WIB

Kepala BNPB Kenang Diskusi Terakhir dengan Sutopo Soal Ancaman Gempa

Jefrie Nandy Satria - detikNews
Kepala BNPB Kenang Diskusi Terakhir dengan Sutopo Soal Ancaman Gempa Kepala BNPB Doni Munardo (Foto: Jefrie-detikcom)
Jakarta - BNPB akan melakukan prosesi pemakaman Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho secara militer. Untuk pelaksanaan pemakaman, BNPB akan dibantu BPBD Provinsi Jateng.

"BNPB bekerja sama dengan BPBD provinsi Jateng dan Kabuapten Boyolali akan kerahkan sebanyak mungkin PNS yang ada di sekitar Boyolali untuk hadir dalam pemakaman, dan kondisi pemakaman sendiri kita coba untuk mengikuti tata cara militer tapi peserta dari kalangan PNS," kata Kepala BNPB Doni Monardo di kediaman Sutopo, Raffles Hills, Cimanggis, Depok, Minggu (7/7/2019).



"Kami keluarga besar BNPB menganggap Pak Topo pahlawan kemanusiaan, secara pribadi saya sendiri sudah kenal sejak 2008 dan saya selalu mencari tahu tentsng kebencanaan kepada beliau," imbuhnya.

Doni juga mengenang saat terakhir kali dia bertemu dengan Sutopo. Dalam pertemuan terakhir di kediaman Sutopo, keduanya terlibat diskusi panjang tentang kebencanaan.

"Ketika terakhir bertemu, tanggal 1 Januari 2019 di rumah beliau di sini, saya diskusi panjang lebar dengan Pak Topo. Ia memiliki pandangan luar biasa tentang letak geografis Indonesia yang berada di patahan subduksi Indo-australia, Euroaisa dan Pasifik, dan juga berada di rangkaian cincin api dan berada di banyak patahan lempeng," ujarnya.



Doni juga menyampaikan pesan Sutopo tentang kesiapan menghadapi bencana. Pesan Sutopu pun dijadikan Doni sebagai referensi untuk mempelajari BNPB.

"Pak Topo sampaikan pesan, bahwa kita harus siap hadapi peristiwa yang terjadi yang tidak kita duga, baik ancaman gunung berapi, vulkanologi, gempa bumi atau geologi, dan hidrometeorologi. Sehingga ini yang jadi referensi dan pendorong saya untuk bisa belajar lebih banyak tentang BNPB," ujar Doni di lokasi.



Sebelumnya diberitakan, Sutopo tutup usia di Guangzhou, China Minggu dini hari pada pukul 02.00 waktu setempat. Sutopo meninggal dalam perjuangannya melawan kanker paru-paru. Ia didiagnosis di sekitar awal Desember 2017.

Setelah sempat disemayamkan di rumah duka Raffles Hill Cibubur. Besok pagi, jenazah akan diterbangkan ke Bandara Adi Soemarmo untuk dimakamkan di Boyolali.


Simak Video "Sosok Sutopo di Mata Tetangga dan Teman Sekolah"

[Gambas:Video 20detik]



Simak Video "Jokowi-SBY Kirim Karangan Bunga Untuk Sutopo"
[Gambas:Video 20detik]

(abw/idn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com