Sosok Sutopo di Mata Kepala BNPB: Pekerja Keras yang Tak Pernah Mengeluh

Matius Alfons - detikNews
Minggu, 07 Jul 2019 13:18 WIB
Sutopo semasa hidup. (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen Doni Monardo mengenang sosok Sutopo Purwo Nugroho. Ia bercerita, Sutopo adalah sosok pekerja keras yang tidak pernah mengeluh.

"Ya pekerja keras tidak pernah mengeluh. Selalu ingin belajar dan semangatnya untuk memberikan informasi kepada publik luar biasa," kata Doni kepada wartawan di kediaman Sutopo, Raffles Hills, Cimanggis, Depok, Minggu (7/7/2019).


Sebelum menjabat Kepala BNPB, Doni sudah kerap berkomunikasi dengan Sutopo. Menurut Doni, Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB itu mampu merangkum informasi yang ada untuk disampaikan ke masyarakat.

"Jadi beliau bisa mengumpulkan kepingan kepingan berita informasi dari seluruh BPBD merangkum menjadi sebuah risalah kejadian dan juga ikut memberikan analisis tentang apa apa yang perlu dilakukan," ungkapnya.

Sosok Sutopo di Mata Kepala BNPB: Pekerja Keras yang Tak Pernah MengeluhKepala BNPB Letjen Doni Monardo di rumah duka Sutopo.

Bagi Doni, Sutopo punya peran dalam membesarkan nama BNPB. Sutopo juga turut serta mempersembahkan berbagai penghargaan bagi BNPB.

"Beliau juga telah membesarkan nama BNBP sejak BNBP dilahirkan pada tahun 2008 yang lalu. Kemudian sejumlah prestasi yang telah diraih oleh BNBP, ini adalah karyanya pak Topo," ujar Doni.


Video: Mengenang Sutopo: Kanker, Kucing, dan Raisa

[Gambas:Video 20detik]



"Kami keluarga besar BNBP sekali lagi sangat kehilangan dan bagi kami Pak Topo adalah pahlawan kemanusiaan," sambungnya.


Sutopo tutup usia di Guangzhou, China Minggu dini hari pada pukul 02.00 waktu setempat. Sutopo meninggal dalam perjuangannya melawan kanker paru-paru. Ia didiagnosis pada sekitar awal Desember 2017.

Simak Video " Detik-detik Helikopter Kepala BNPB Gagal Terbang di Sangihe"
[Gambas:Video 20detik]
(maa/imk)