ADVERTISEMENT

Mengenang Impian Sutopo yang Jadi Nyata: Salaman dengan Jokowi

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Minggu, 07 Jul 2019 07:33 WIB
Foto: Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho bertemu dengan Presiden Jokowi. (Jordan-detikcom)
Jakarta - Sutopo Purwo Nugroho pernah bermimpi berjabat tangan dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Pada Oktober 2018 lalu, impian Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB itu pun telah menjadi nyata.

Impian Sutopo untuk bertemu dan bersalaman dengan Jokowi sebenarnya tak banyak yang tahu. Hingga Sutopo menceritakannya kepada detikcom di sebuah malam di awal Februari 2018, belum lama setelah dirinya divonis dokter mengidap kanker paru stadium IVb.

Setelah menjawab sejumlah pertanyaan detikcom soal bencana lewat WhatsApp, Sutopo tiba-tiba melempar curhat. Sutopo mengatakan banyak orang yang beruntung bisa bersalaman dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Dia kemudian membuat pengakuan, selama bekerja di BNPB sejak Agustus 2010 hingga menjabat Kapusdatin Humas BNPB, dirinya belum pernah sekali pun berjabat tangan dengan Jokowi. Terdengar biasa saja, tapi itu sesuatu yang diharapkannya.

"Saya belum pernah punya kesempatan berjabat tangan dengan Pak Jokowi. Meski saat menangani bencana longsor Banjarnegara, gempa Pidie Jaya, kebakaran hutan dan lahan, erupsi Gunung Agung, dan lainnya, saya tidak bisa salaman karena tidak bisa masuk," ujar Sutopo.



Sutopo mengisahkan, dirinya dulu pernah punya beberapa kesempatan bersalaman dengan Jokowi, namun tak kesampaian karena Jokowi dikawal Paspampres.

"Jadi saya suka lihat dari jauh saja. Saat masyarakat berebutan salaman, saya tidak mau ikut-ikutan, saya tahu diri," ucapnya. Meski demikian, Sutopo mengaku sedikit pun tidak merasa kecewa, apalagi marah terhadap Paspampres yang menghalaunya. Sutopo maklum Paspampres sedang menjalankan tugas dan kewajibannya.

"Paspampres yang muda-muda banyak yang nggak kenal saya. Padahal saya dosen Sesko TNI. Tapi sama prajurit tidak dikenal, ha-ha-ha...," seloroh Sutopo.

Akhirnya, pada Jumat 5 Oktober 2018 lalu, Sutopo bertemu dengan Jokowi. Pertemuan berlangsung di ruang kerja Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat (5/10/2018) pukul 13.52 WIB. Pertemuan itu hanya empat mata.



Jokowi, yang mengenakan kemeja putih lengan panjang dan celana hitam, menunggu Sutopo sendiri. Tak lama kemudian, ajudan mengetuk pintu dan mengantar Sutopo masuk. Keduanya langsung bertatap muka dan bersalaman.

Usai pertemuan itu, Sutopo pun tak pulang dengan tangan kosong. Jokowi memberikan kenang-kenangan foto kepada Sutopo. Sutopo memamerkan dua lembar foto bersama Jokowi, lengkap dengan tanda tangan orang nomor satu di Indonesia itu.

"Ini kado terindah saya menjelang ulang tahun 7 Oktober," kata Sutopo semringah dan berdiri di samping Presiden Jokowi seusai pertemuan di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat (5/10/2018).

Kini Sutopo telah tiada. Dia meninggal dini hari tadi pada pukul 02.00 waktu setempat di sebuah rumah sakit di Guangzhou, China. Sutopo meninggal dalam perjuangannya melawan kanker paru-paru.


Eksklusif! Perjuangan Sutopo Melawan Kanker Paru Stadium 4B:



Simak Video "BNPB Tetapkan Masa Tanggap Darurat di Mamuju 3-7 Hari"
[Gambas:Video 20detik]
(mae/mae)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT