Perjuangan Sutopo Melawan Kanker Sambil Tetap Bekerja

ADVERTISEMENT

Perjuangan Sutopo Melawan Kanker Sambil Tetap Bekerja

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Minggu, 07 Jul 2019 07:16 WIB
Sutopo (Foto: Matius Alfons-detikcom)
Jakarta - Kepala Pusat Data dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho meninggal dunia dini hari tadi. Sutopo meninggal dalam perjuangannya melawan kanker paru-paru saat dirawat di rumah sakit di Guangzhou, China.

Sutopo didiagnosis sekitar awal Desember 2017. Di tengah perjuangannya melawan kanker, Sutopo masih terus bertugas mengawal kejadian bencana di Indonesia. Dia pun sehari-hari masih bisa ditemui menyampaikan keterangan pers soal bencana kepada awak media.



Tak hanya itu, hampir 24 jam Sutopo siap siaga menyampaikan perkembangan informasi seputar bencana. Telepon maupun pesan elektronik dari awak media pun selalu dibalasnya.

Sutopo juga sangat aktif menyampaikan perkembangan seputar bencana melalui akun Twitternya. Kanker tak menyurutkan sang pejuang bencana itu untuk tetap bekerja.

Video: Ucapan Bela Sungkawa Mengalir, #RIPSUTOPO Jadi Trending

[Gambas:Video 20detik]



"Saya tahu dokter menyuruh saya untuk banyak istirahat tapi setelah kena kanker saya jadi sulit tidur. Apalagi ada gempa tsunami, malah kebetulan, saya bisa pakai jam-jam itu untuk meng-update dan mengkompilasi informasi sana-sini dari hape," kata Sutopo dilansir dari ABC Australia, Minggu (7/7/2019).



Termasuk saat menginformasikan tentang kondisi terkini dari penanganan gempa dan tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah beberapa waktu lalu. Sutopo tetap berusaha memperbarui semua perkembangan mulai dari korban, kondisi di lokasi, hingga bantuan yang datang.

Juga saat gempa mengguncang Lombok pada Agustus lalu. Sutopo terus berusaha menginformasikan perkembangan informasi dan situasi terkena meski kala itu pria yang dikenal humoris itu tengah menjalani kemoterapi di sebuah rumah sakit.

Kini Sutopo telah tiada. Dia meninggal pada pukul 02.00 waktu setempat di sebuah rumah sakit di Guangzhou, China. Sutopo sebelumnya berpamitan untuk berobat ke Guangzhou lantaran kankernya telah menyebar.



Perjuangan Sutopo Melawan Kanker Sambil Tetap Bekerja


Simak Video "Korupsi Asabri, Lukman Purnomosidi-Jimmy Sutopo Divonis 10 dan 13 Tahun Bui"
[Gambas:Video 20detik]
(mae/lir)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT