detikNews
Sabtu 06 Juli 2019, 13:38 WIB

Korban Kebakaran Jatinegara Harapkan Bantuan Anies

Jefrie Nandy Satria - detikNews
Korban Kebakaran Jatinegara Harapkan Bantuan Anies Kebakaran di Cipinang Jaya menghanguskan 27 rumah. (Jefrie Nandy Satria/detikcom)
Jakarta - Korban kebakaran di Jatinegara, Jakarta Timur, sebanyak 45 kepala keluarga (KK). Mereka mengharapkan bantuan dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Salah satu korban, Mulyadi (50), mengatakan warga Jl Cipinang Jaya, Jatinegara, Jaktim, berharap ada uluran tangan dari Anies. Dia mengatakan banyak warga Cipinang Jaya yang berjasa untuk Anies di masa Pilgub DKI 2017.


Warga mengais barang berguna dari puing-puing sisa kebakaranWarga mengais barang berguna dari puing-puing sisa kebakaran. (Jefrie Nandy Satria/detikcom)

"(Harapannya) ya pemerintah mohon bantuannyalah, pemerintah DKI ya kan. Apalagi gubernur sekarang kan, warga (Cipinang) Jaya ini banyak jasanya buat dia. Waktu dia mencalonkan ini banyak jasanya. Jadi pendukung dia semua gitu," kata Mulyadi saat ditemui di Cipinang Besar Selatan, Jatinegara, Jaktim, Sabtu (6/7/2019).

"Sandiaga Uno juga pernah ke sini, mencalonkan. Ya inilah tolong dilihat gitu warga dia ya kan. Semua juga warga yang bertempatan di RT 10 ini kader semua, kader PKK. Sosial semua kerjanya. Dari PKK, guru PAUD (pendidikan anak usia dini)," sambungnya.

Mulyadi mengatakan saat ini dia bersama warga lainnya tinggal di sebuah tenda yang didirikan di SDN 03-04 Cipinang Besar Selatan. Mulyadi, yang bekerja sebagai petugas PPSU, mengalami luka ringan akibat tertimpa kayu terbakar di bagian lutut.


"Ya kita tunggu solusi dari pemerintah daerah ya kan mau dikemanain. Kalau kita siap aja warga ya kan. Bagaimana baiknya," kata dia.

Api merambat dengan cepat karena material rumah yang mudah terbakar. Selain itu lokasi kebakaran merupakan permukiman padatApi merambat dengan cepat karena material rumah yang mudah terbakar. Selain itu, lokasi kebakaran merupakan permukiman padat. (Jefrie Nandy Satria/detikcom)

Sementara itu, Ketua RT 10 RW 07, Anang Suryana (42), mengatakan bantuan kepada warga sudah berdatangan. Anang mengatakan ada 27 rumah yang terbakar.


"Kalau untuk saat ini bantuan alhamdulillah sudah berdatangan dan saya rasa sudah cukuplah. Tikar segala macam sudah, selimut sudah ada, makanan sudah ada, dapur umum sudah siap. Sudah semua untuk bantuan sih," ucap Anang.

Kebakaran terjadi sekitar pukul 04.30 WIB. Sebanyak 30 unit mobil pemadam dikerahkan ke lokasi.

Simak Video "Rumah di Potlot Terbakar, 8 Damkar Diterjunkan"
[Gambas:Video 20detik]

(jbr/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com