detikNews
Jumat 05 Juli 2019, 20:08 WIB

Sakit, Eks Bupati Bogor Tak Penuhi Panggilan KPK

Faiq Hidayat - detikNews
Sakit, Eks Bupati Bogor Tak Penuhi Panggilan KPK Foto: dok.detikcom
Jakarta - Mantan Bupati Bogor Rachmat Yasin tidak memenuhi panggilan KPK sebagai tersangka terkait kasus dugaan penyunatan anggaran dan gratifikasi. Rachmat mengirimkan surat permohonan pemanggilan ulang karena sedang sakit.

"Tersangka meminta penjadwalan ulang karena sedang sakit," kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah di gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta, Jumat (5/7/2019).



Rachmat Yasin memang dipanggil KPK bersama saksi lain. Ada empat saksi yang dipanggil, yakni eks Kepala Badan Perizinan Terpadu Udin Syamsudin, Kepala Seksi Penagihan PBB Dispenda Rahmat Mulyana, PNS Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Bogor Sri Hartati, dan Kepala Bappeda Kabupaten Bogor Syarifah Sofiah Dwikorawati. Mereka diperiksa untuk tersangka Rachmat Yasin.

Febri mengatakan empat saksi diperiksa KPK untuk mendalami keterangan terkait penyunatan anggaran yang dianggap sebagai utang oleh Rachmat Yasin.

"Penyidik mendalami keterangan saksi terkait pemotongan anggaran yang dianggap utang oleh tersangka RY (Rachmat Yasin)," ucap Febri.



Dalam perkara ini, KPK menetapkan Rachmat Yasin sebagai tersangka dalam dua kasus dugaan korupsi. Pada kasus pertama, Rachmat diduga menyunat anggaran SKPD senilai Rp 8,9 miliar untuk keperluannya, termasuk kampanye pada Pilkada 2013 dan Pileg 2014.

Kasus kedua, Rachmat diduga menerima gratifikasi berupa 20 hektare lahan dan mobil Toyota Vellfire. Gratifikasi berupa lahan diduga diterima Rachmat terkait pengurusan izin pesantren di kawasan Jonggol. Sedangkan gratifikasi mobil diduga diterima Rachmat dari seorang pengusaha.

Ini kedua kalinya Rachmat ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK. Dia sebelumnya pernah dipenjara 5,5 tahun karena terbukti menerima suap terkait alih fungsi hutan di Kabupaten Bogor.

Simak Video "Di Balik Alasan Penggawa KPK Gugat UU KPK ke MK"
[Gambas:Video 20detik]

(fai/idn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com