detikNews
Jumat 05 Juli 2019, 17:04 WIB

Cak Imin Terbuka soal Koalisi, tapi Tertutup untuk Kursi Ketua MPR

Farih Maulana Sidik - detikNews
Cak Imin Terbuka soal Koalisi, tapi Tertutup untuk Kursi Ketua MPR Cak Imin (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta - Ketum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin mengaku terbuka dengan parpol pendukung Prabowo Subianto-Sandiaga Uno yang ingin merapat ke koalisi Jokowi-Ma'ruf Amin. Namun dia menegaskan, merapatnya oposisi bukan berarti jatah kursi menteri maupun Ketua MPR bisa dibagi.

"Tempat tidak hanya di menteri kan, misalnya kepala badan bisa, duta besar, macam-macam," kata Cak Imin di Rumah Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (5/7/2019).

"Kalau untuk pimpinan MPR, kayanya sudah tertutup ya. Karena koalisi solid. Solidnya koalisi nanti siapa Ketua MPR itu sedang proses," imbuh dia.



Kendati demikian, Cak Imin menyerahkan sepenuhnya keputusan itu kepada Joko Widodo (Jokowi).

"Keputusan kan di Pak Jokowi," kata Cak Imin.



Lebih lanjut Cak Imin mengatakan persoalan merapatnya partai pendukung Prabowo-Sandi pada Pilpres 2019 saat ini masih jadi perdebatan parpol koalisi Jokowi-Ma'ruf. Dia mengatakan tak semua parpol setuju, baik PAN, Gerindra, maupun Demokrat, bergabung.

"Masih beda-beda. Ada yang sangat setuju, ada yang setuju. PKB sebetulnya setuju, tapi PKB juga nggak bisa maksain kalau koalisi nggak setuju," ujarnya.

"Sebetulnya begini, menyangkut koalisi, Indonesia butuh oposisi. Jadi oposisi itu harus ada, kalau bisa Gerindra-PKS mempertahankan posisi itu," imbuh Cak Imin.

Simak Video "Cak Imin Absen Tinjau Kompleks DPR, PKB: Beliau Sibuk"
[Gambas:Video 20detik]

(mae/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com