detikNews
Jumat 05 Juli 2019, 16:54 WIB

Dapat Kunjungan FBI, KPK Singgung Bantuan Saat Usut Korupsi e-KTP

Faiq Hidayat - detikNews
Dapat Kunjungan FBI, KPK Singgung Bantuan Saat Usut Korupsi e-KTP Foto: dok KPK
Jakarta - Rombongan dari Federal Bureau of Investigation (FBI) berkunjung ke kantor Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dalam kunjungan itu terjadi pula perpanjangan kerja sama antara KPK dengan FBI yang sudah terjalin sejak 2008.

"Kerja sama antara KPK dan FBI ini terus terjalin karena kedua lembaga tersebut memiliki visi yang sama yakni memerangi korupsi secara global dan melaksanakan kerja sama dalam program-program yang relevan untuk mengatasi korupsi," kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah kepada wartawan, Jumat (5/7/2019).

Ada 8 delegasi FBI dipimpin oleh Deputi Director of FBI David Bowdich. Mereka diterima langsung oleh Ketua KPK Agus Rahardjo serta 2 wakil pimpinan KPK Laode M Syarif dan Alexander Marwata. Ada pula pertukaran cendera mata sebagai tanda kerja sama yang selama ini telah terjalin.




"KPK merasa sangat terbantu dan sangat menghargai keterlibatan secara langsung pihak FBI dan personelnya dalam penanganan kasus e-KTP," ucap Febri.

"Kerja sama dalam penanganan kasus tersebut tidak hanya membantu penyelesaian kasus namun juga menjadi media pembelajaran bagi KPK dalam menangani kasus lintas batas negara yang tentunya lebih kompleks dan menantang," imbuh Febri.

Selain kerja sama, menurut Febri, FBI mendukung KPK dalam melaksanakan pelatihan dan workshop. Ia berharap kerja sama KPK dengan FBI terus berlanjut pada tahun mendatang.




Simak Juga 'Akademisi hingga Jendral Polisi 'Berebut' Kursi Pimpinan KPK':

[Gambas:Video 20detik]



Simak Video "Siapa Dukung Perppu KPK?"
[Gambas:Video 20detik]

(fai/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com