detikNews
Kamis 04 Juli 2019, 11:22 WIB

Cuaca Berkabut, Kapal Nelayan Terbalik di Kepulauan Seribu

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Cuaca Berkabut, Kapal Nelayan Terbalik di Kepulauan Seribu Tim SAR mengevakuasi kapal terbalik di Kepulauan Seribu. (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta - Sebuah kapal nelayan pencari ikan terbalik di perairan Kepulauan Seribu. Seluruh penumpang dipastikan selamat.

Insiden itu terjadi sekitar pukul 08.15 WIB tadi. Kejadian bermula saat KM Sinar Mulya selesai mencari ikan dan hendak menjual hasil tangkapannya di Pulau Panggang.

"Kemudian, dalam perjalanannya, karena cuaca yang berkabut serta penglihatan yang terbatas, kapal kemudian kandas di karang sekitar Pulau Karya," kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta Tegar Hendra Sudirman dalam keterangannya, Kamis (4/7/2019).


Tim SAR Evakuasi Kapal Terbalik di Kepulauan SeribuTim SAR mengevakuasi kapal terbalik di Kepulauan Seribu. (Foto: dok. Istimewa)

Setelah itu, para nelayan meminta pertolongan kepada petugas. Tim SAR gabungan selanjutnya datang ke lokasi untuk melakukan evakuasi.

"Pos SAR Kepulauan Seribu bersama tim SAR gabungan pagi tadi melakukan upaya evakuasi terhadap KM Sinar Karya yang terbalik akibat kandas di sekitar Pulau Karya. Kebetulan jarak tidak terlalu jauh dengan pos kami yang ada di sana. Seluruh penumpang berhasil dievakuasi dengan selamat," ujar Tegar.



Pada pukul 09.40 WIB, seluruh penumpang sudah dievakuasi menuju Pulau Panggang. Adapun penumpang yang berada di KM Sinar Mulya adalah Mindi (40) sebagai nakhoda kapal, Arif (35), Sait (30), dan Isna (28).

Simak Video "Galangan Pembuatan Kapal Nelayan Tradisional Rembang"
[Gambas:Video 20detik]

(knv/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com