detikNews
2019/07/04 07:22:07 WIB

Round-Up

Menag Bersaksi Tak Pegang, Ajudan Akui Terima Uang

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 2
Menag Bersaksi Tak Pegang, Ajudan Akui Terima Uang Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin ketika bersaksi dalam persidangan di Pengadilan Tipikor Jakarta. (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Lukman Hakim Saifuddin pernah membantah keras menerima uang dari Haris Hasanudin. Rupa-rupanya uang sebesar Rp 10 juta itu berada di tangan seorang bernama Hery Purwanto, yang tak lain adalah ajudan dari Menteri Agama tersebut.

Haris merupakan mantan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Timur (KakanwilKemenag Jatim) yang duduk sebagai terdakwa dalam persidangan di PengadilanTipikor Jakarta tersebut. Adalah di dalam surat dakwaan Haris yang menyebutkan maksud pemberian uang padaLukman sebagai 'ucapan terima kasih' karenaLukman telah membantu Haris mendapatkan jabatan.Lukman pernah membantah hal itu bersaksi dalam persidangan yang berlangsung pada Rabu, 26 Juni 2019. Saat itu Lukman mengaku tidak menyentuh sama sekali uang tersebut.

"Jangankan menerima, menyentuh saja tidak!" kata Lukman saat itu.

Sebab, Lukman tahu tentang uang itu dari ajudannya tersebut. Dia juga mengaku pada saat itu langsung memerintahkan Hery untuk mengembalikan uang itu.

Apa alasannya Lukman memerintahkan itu?
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com